STRUKTUR POPULASI Turbo setosus dan Strombus labiatus YANG DITANGKAP OLEH PEMADAK di KAWASAN INTERTIDAL PANTAI SERINTING KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA

LINDA, LESTARI (2023) STRUKTUR POPULASI Turbo setosus dan Strombus labiatus YANG DITANGKAP OLEH PEMADAK di KAWASAN INTERTIDAL PANTAI SERINTING KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Linda Lestari (E1A019054) Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
40.+Lestari,+231024_Publish.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Pengambilan gastropoda dan biota laut saat air surut disebut Madak, merupakan kegiatan tradisional masyarakat pesisir di Pulau Lombok. Tradisi Madak berpotensi untuk dijadikan sumber pembelajaran biologi di sekolah. Variasi ukuran Gastropoda dapat dijadikan sumber kajian ekologi populasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kuantitatif populasi Gastropoda yang dipanen pada saat madak. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan cangkang siput Turbo setosus dan Strombus labiatus yang ditangkap di kawasan intertidal Pantai Serinting. Metode penelitian ini yaitu Convenience sampling diterapkan untuk mengumpulkan data dari 5 orang dalam 5 hari. Sebanyak 120 individu T. setosus dan 248 individu S. labiatus dikumpulkan dari 25 pemadak dengan ukuran cangkang bervariasi. Ukuran cangkang T. setosus berkisar antara 3,32 hingga 6,76 cm, yang kemudian dibagi menjadi 8 kelas. Rata-rata ukuran cangkang yang dipanen adalah 5,08 cm dengan standar deviasi 1,96 cm yang berarti sebaran data yang diperoleh kurang bervariasi. Ukuran cangkang S. labiatus berkisar antara 2,40-4,78 cm yang kemudian dibagi menjadi 9 kelas. Rata-rata ukuran cangkang yang dipanen adalah 3,48 cm dengan standar deviasi 0,92 cm yang berarti sebaran data yang diperoleh kurang bervariasi. Struktur populasi T. setosus dan S. labiatus yang dipanen kurang beragam sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui struktur populasi T. setosus dan S. labiatus yang terdapat di alam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strombus labiatus, Struktur populasi, Turbo setosus
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43320

Actions (login required)

View Item View Item