PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 23 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Nunung Sintia Devi, Nunung/NSD (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 23 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 23 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023.

[img]
Preview
Text
Artikel PTK Kolaboratif NUNUNG SINTIA DEVI (E1E3221501) (1).pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Matematika siswa kelas V yang rendah ini ditunjukkan dari sampel data nilai Matematika siswa,sebanyak 51,35% atau sejumlah 19 orang dari 37 orang siswa memperoleh nilai dibawah 70 (KKM) dengan rata-rata nilai klasikal 68,37. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang siswa kelas V SDN 23 Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Metode untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes hasil belajar dan observasi. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,19 dengan persentase ketuntasan sebesar 71,87%, skor aktivitas guru dalam menerapkan model Problem Based Learning adalah 35 dengan kategori baik, dan skor aktivitas siswa adalah 34 dengan kategori aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,48 dengan presentase ketuntasan 84,37%, skor aktivitas guru dalam menerapkan model Problem Based Learning adalah 43 dengan kategori sangat baik, dan skor aktivitas siswa adalah 46 dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil tersebut penelitian ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ingin dicapai. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi bangun ruang siswa kelas V SDN 23 Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023. Kata-kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas; Hasil Belajar; Model Problem Based Learning

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas; Hasil Belajar; Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Nunung NSD Nunung
Date Deposited: 11 Nov 2023 05:55
Last Modified: 11 Nov 2023 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43327

Actions (login required)

View Item View Item