GAMBARAN PERJUANGAN KELAS ETNIS EROPA PADA MASA KOLONIAL DI NUSANTARA DALAM NOVEL WILLIAM KARYA RISA SARASWATI: PERSPEKTIF KARL MARX

MEISY INTAN, PUJIANA (2023) GAMBARAN PERJUANGAN KELAS ETNIS EROPA PADA MASA KOLONIAL DI NUSANTARA DALAM NOVEL WILLIAM KARYA RISA SARASWATI: PERSPEKTIF KARL MARX. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MEISY INTAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel MEISY INTAN.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam peneltian ini adalah perjuangan kelas dari etnis Eropa dan Indo pada masa kolonial di Nusantara yang terdapat dalam novel William karya Risa Saraswati. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan tentang gambaran perjuangan kelas sosial dari kalangan etnis Eropa yang menentang ketidakadilan yang diterima oleh pribumi yang terdapat dalam novel William karya Risa Saraswati berdasarkan perspektif Karl Marx. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah novel William karya Risa Saraswati. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Pada penelitian ini terdapat 27 data berupa kesenjangan sosial dalam novel William karya Risa Saraswati. Berdasarkan hasil analisis, dalam penelitian ini terdapat bentuk kesenjangan sosial antara nonpribumi (orang-orang Belanda) dan pribumi yang menunjukkan bahwa pribumi diperlakukan dengan semena-mena dan tidak adil oleh orang-orang Belanda. Hal tersebut terjadi karena orang-orang Belanda yang dianggap memiliki latar sosial yang lebih baik dari pribumi sehingga orang-orang Belanda selalu dihormati dan diperlakukan dengan baik, berbanding terbalik dengan pribumi yang dianggap sebagai kalangan bawah yang dipekerjakan oleh orang-orang Belanda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): perjuangan kelas, novel William, Karl Marx, Marxisme.
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:28
Last Modified: 15 Nov 2023 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43336

Actions (login required)

View Item View Item