ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK BAWANG PUTIH LOKAL DAN IMPOR DI PASAR MANDALIKA KOTA MATARAM

Sulis, Andriani (2023) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK BAWANG PUTIH LOKAL DAN IMPOR DI PASAR MANDALIKA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Sulis Andriani_Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Sulis Andriani_Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produ.pdf

Download (797kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana karakteristik konsumen bawang putih lokal dan impor di Pasar Mandalika Kota Mataram; (2) Bagaimana preferensi konsumen dalam membeli bawang putih lokal dan impor di Pasar Mandalika Kota Mataram; (3) Bagaimana kombinasi atribut yang paling disukai konsumen bawang putih lokal dan impor di Pasar Mandalika Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang berlokasi di Pasar Mandalika Kota Mataram dimana penentuan lokasi sampling menggunakan metode purposive sampling. Jumlah responden sebanyak 68 orang (konsumen bawang putih) dimana penentuan responden menggunakan metode convenience sampling. Sehingga dari 68 konsumen yang menjadi responden bawang putih di Pasar Mandalika, ditemukan 18 orang (26%) merupakan konsumen bawang putih lokal dan 50 orang (74%) merupakan konsumen bawang putih impor. Rata – rata usia konsumen berada pada usia >40 tahun, tingkat pendidikan SLTA, bekerja sebagai pedagang dan ibu rumah tangga, memiliki tingkat pendapatan yang rendah, dan mempunyai jumlah anggota keluarga antara 2 sampai lebih dari 5 orang. Selanjutnya preferensi konsumen terhadap komoditas bawang putih lokal dan bawang impor yaitu terdapat 26% memilih bawang putih lokal dan 74% memilih bawang putih impor. Pilihan kombinasi atribut yang paling disukai oleh responden adalah kombinasi bawang putih lokal dengan ukuran 50-60 umbi/kg, rasa pedas sedikit asam, beraroma kurang harum dan tidak segar, harga berkisaran Rp 31.000-Rp 40.000, berwarna putih keunguan. Sedangkan untuk bawang putih impor yakni ukuran 50-60 umbi/kg, beraroma kurang harum dan tidak segar, harga yang berkisaran Rp 21.000-Rp 25.000, berwarna putih kekuningan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bawang Putih, Karakteristik konsumen, preferensi konsumen, kombinasi atribut
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:28
Last Modified: 15 Nov 2023 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43341

Actions (login required)

View Item View Item