PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP HAK INFORMASI PADA KEMASAN PRODUK SOFT CONTACT LENSES MELALUI PLATFORM E-COMMERCE

PUTRI FEBRIANTI, GUBTONG (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP HAK INFORMASI PADA KEMASAN PRODUK SOFT CONTACT LENSES MELALUI PLATFORM E-COMMERCE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI FEBRIANTI GUBTONG (D1A019472).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL PUTRI FEBRIANTI GUBTONG (D1A019472).pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang perlindungan hukum bagi konsumen terhadap hak informasi produk softlens yang melebihi masa expired melalui platform e-commerce dan tanggung jawab pelaku usaha terhadap produk softlens yang tidak mencantumkan informasi produk dan melebihi masa expired melalui platform e-commerce. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normative. Adapun hasil penelitian ini Bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen terhadap hak informasi pada produk softlens dan melebihi masa expired melalui platform e-commerce yaitu, Pasal 7, 8, dan 9 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, perihal perbuatan yang dilarang bagi pelaku usaha, Undang-Undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, mengenai perlindungan terhadap data pribadi yang cukup memadai dalam mengakomodasi perlindungan terhadap data pribadi konsumen, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, perihal sanksi bagi pelanggar pengedar sediaan farmasi, Regulasi dari pihak platform e-commerce shopee yang berupa Syarat dan Kebijakan yang berisikan hak dan kewajiban dalam bertransaksi melalui platform e-commerce shopee.Tanggung jawab pelaku usaha terhadap penjualan produk softlens yang tidak mencantumkan informasi produk dan melebihi masa expired melalui Platform e-commerce yaitu ditinjau berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yaitu dapat berupa pengembalian uang atau penggantian produk yang sejenis atau setara nilainya, atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian, serta pemanfaatan produk tersebut dengan pemberian perawatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Konsumen, Softlens, E-commerce
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:28
Last Modified: 15 Nov 2023 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43342

Actions (login required)

View Item View Item