PENGGUNAAN PRAKTIKUM MINI PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

ISLAMIA, MULIANAWATI (2023) PENGGUNAAN PRAKTIKUM MINI PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ISLAMIA MULIANAWATI_E1A018036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ISLAMIA MULIANAWATI.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Argumentasi ilmiah sangat penting dalam pembelajaran biologi karena mampu meningkatkan pemikiran untuk menguji pemahaman siswa. Keterampilan Argumentasi ilmiah dapat ditingkatkan dengan pembelajaran project salah satunya melalui praktikum mini project. Praktikum Mini project merupakan pembelajaran dengan kerja ilmiah menggunakan unit kehidupan sehari-hari dalam bentuk proyek sederhana yang menghasilkan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada mata pelajaran biologi melalui praktikum Mini Project. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yaitu metode eksperimen semu dan teknik pengambilan sampel dengan Claster Random Sampling. Variabel bebas penelitian adalah penggunaaan praktikum mini project, sementara variabel terikat penelitian adalah keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Data keterampilan argumentasi ilmiah siswa diperoleh dari hasil tes uraian yang mencakup indikator argumentasi ilmiah yaitu Claim (pendapat), Ground (data), Warrant (pembenaran), Backing (dukungan) dan Rebbutal (sanggahan). Hasil penelitian menujukkan bahwa keterampilan argumentasi ilmiah yang dimiliki siswa meningkat. Siswa yang menggunakan praktikum mini project (kelas eksperimen) memiliki rata-rata hasil post-tes 72,57 lebih besar dan berbeda signifikan dari siswa kelas kontrol sebesar 53.82. kedua kelas berada pada kategori sedang menurut tafsiran peningkatan N-gain. Kesimpulannya adalah penggunaan praktikum mini project efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Praktikum Mini Project, Keterampilan Argumentasi Ilmiah dan Pembelajaran Biologi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:28
Last Modified: 15 Nov 2023 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43357

Actions (login required)

View Item View Item