INTERPRETASI ANOMALI SUHU PADA OBSERVATORIUM GEOMAGNETIK LOMBOK (LOK) DENGAN METODE DETRENDED FLUCTUATION ANALYSIS (DFA) DAN HUBUNGANNYA DENGAN GEMPA LOMBOK 2018

NUR AFIFAH, SYARIFAH (2023) INTERPRETASI ANOMALI SUHU PADA OBSERVATORIUM GEOMAGNETIK LOMBOK (LOK) DENGAN METODE DETRENDED FLUCTUATION ANALYSIS (DFA) DAN HUBUNGANNYA DENGAN GEMPA LOMBOK 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_Nur Afifah Syarifah_F1B019108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pulau Lombok merupakan wilayah dengan anomali geomagnetik intensitas terbesar yang terletak pada daerah pertemuan tiga lempeng tektonik, hal ini menjadikan pulau Lombok sebagai daerah yang rawan terhadap bencana gempa bumi. Tahun 2018 terjadi gempa bumi dengan magnitudo 6.9 yang menyebabkan banyak sekali kerugian. Untuk mengurangi kerugian akibat gempa bumi, maka dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui tanda awal sebelum gempa terjadi. Penelitian ini menggunakan metode Detrended Fluctuation Analysis (DFA) dalam mengidentifikasi waktu kejadian anomali sebelum terjadi gempa di Pulau Lombok serta menggunakan data suhu harian tahun 2018 yang bersumber dari Observatorium Geomagnetik Lombok (LOK). Hasil penelitian menemukan adanya 6 anomali yang terjadi yaitu pada tanggal 31 Maret, 10 Mei, 18 Mei, 28 Juni, 19 Agustus dan 20 Agustus 2018. Hasil analisa memperlihatkan bahwa jika anomali suhu dikaitkan terhadap kejadian gempa bumi pertama ditahun 2018, maka kemunculan anomali terjadi sekitar 57 – 1 hari setelah gempa, sedangkan jika dikaitkan terhadap gempa bumi bermagnitudo besar kemunculan anomali suhu terjadi sekitar 119 – 0 hari sebelum gempa. Namun hal ini belum bisa membuktikan apakah kemunculan anomali suhu tersebut disebabkan oleh aktivitas tekanan batuan pemicu gempa bumi, ataukah hanya suatu anomali suhu yang terus muncul setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gempa bumi, Anomali suhu, Detrended Fluctuation Analysis (DFA)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:29
Last Modified: 15 Nov 2023 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43360

Actions (login required)

View Item View Item