PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SISTEM IMTA (INTEGRATED MULTI-TROPHIC AQUACULTURE) DI DUSUN GERUPUK, DESA SENGKOL, KECAMATAN PUJUT, LOMBOK TENGAH

Nabil, Al Ghifary (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SISTEM IMTA (INTEGRATED MULTI-TROPHIC AQUACULTURE) DI DUSUN GERUPUK, DESA SENGKOL, KECAMATAN PUJUT, LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Final (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Nabil Al Ghifary_Universit Mataram.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Limbah pakan dan feses bersifat racun bagi biota disekitarnya. Hal ini bahkan dapat berdampak pada ekosistem lain seperti terumbu karang dan padang lamun. Salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan adalah melalui budidaya laut terpadu atau IMTA (Integrated Multi-Trophic Aquaculture). IMTA atau budidaya terpadu adalah metode pemanfaatan sistem dengan pendekatan alami untuk mengoptimalkan hasil budidaya. Persepsi dari penerapan sistem IMTA akan memicu beragam tanggapan dari sudut pandang masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan budidaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat terhadap sistem IMTA pada aspek pemahaman menunjukkan bahwa mayoritas nelayan budidaya menjawab tidak setuju/tidak tahu dengan persentase sebesar 70% (120 poin). Persepsi masyarakat terhadap sistem IMTA pada aspek sikap menunjukkan bahwa mayoritas nelayan budidaya menjawab tidak setuju dengan persentase sebesar 47,5% (95 poin). Persepsi masyarakat terhadap sistem IMTA pada aspek Partisipatif menunjukkan bahwa mayoritas nelayan budidaya menjawab setuju/tahu dengan persentase sebesar 52% (104 poin). Tinggi dan rendahnya jawaban responden pada ketiga aspek: (1)Masih kurangnya sumber informasi dan sosialisasi terkait budidaya sistem IMTA. (2)Nelayan budidaya masih menganggap sistem IMTA adalah hal baru dan akan sulit menyesuaikan dengan sistem yang lama. (3)Nelayan memiliki ketertarikan terhadap hal baru dan berharap dengan hasil produktivitas akan naik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): IMTA (Integrated Multi-Trophic Aquaculture), IMTA, Persepsi, Budidaya Laut, Masyarakat
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:29
Last Modified: 15 Nov 2023 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43364

Actions (login required)

View Item View Item