ANALISIS IMPLEMENTASI TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM LAPAK BACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI DESA KARANG BAYAN KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

NEEMA CHIARA, BELINDA (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM LAPAK BACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI DESA KARANG BAYAN KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
REVISI SKRIPSI-NEEMA CHIARA BELINDA revisi okok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL-FIX_NEEMA.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Provinsi NTB menempati posisi ke 31 dalam Indeks aktivitas literasi. Salah satu faktor mengapa minat baca di NTB masih rendah ialah masyarakatnya yang masih buta huruf. Adapun upaya untuk menghadapi rendahnya kemampuan literasi peserta didik di Nusa Tenggara Barat salah satunya dengan membentuk program lapak baca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi taman bacaan masyarakat dalam program lapak baca untuk meningkatkan literasi siswa di Desa Karang Bayan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, yang di tinjau dari: 1) Implementasi kegiatan program, 2) faktor pendukung dan tantangan program lapak baca, 3) Pelaku penggerak literasi di Desa Karang Bayan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi serta wawancara. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Hasil dari program lapak baca; 1) terdapat kemajuan kemampuan literasi yang positif dari yang sebelumnya masyarakat desa karang bayan buta aksara menjadi bisa membaca, 2) meningkatnya intensitas membaca masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lapak Baca, Literasi
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:29
Last Modified: 15 Nov 2023 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43366

Actions (login required)

View Item View Item