TRADISI BALES LAMPAK NAE PADA PERKAWINAN SUKU SASAK DAN NILAI MORAL YANG TERDAPAT DI DALAMNYA (Studi di Desa Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur)

MAY DINDA, HASDONIAN TARI (2023) TRADISI BALES LAMPAK NAE PADA PERKAWINAN SUKU SASAK DAN NILAI MORAL YANG TERDAPAT DI DALAMNYA (Studi di Desa Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAY DINDA JILIDDD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL DINDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tradisi bales lampak nae dan merupakan tradisi yang sudah ada dan berjalan sejak zaman dahulu sampai saat ini tradisi bales lampak nae yang di laksanakan oleh masyarakat Desa Jerowaru,Kabupaten Lombok Timur merupakan tradisi yang di lakukan sebagai akhir atau penutup dalam proses pernikahan pada suku sasak. Adapun rangkaian acara pernikahan pada masyarakat suku sasak yang dimulai dari merarik, merangkat, pesejati, selabar, nuntutwali, pernikahan, trasnekayun, angkatjanji, mendakin, dan yang terakhir bales lampak nae. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan tradisi bales lampak nae dan adanya nilai moral yang terdapat di dalamnya di Desa Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitataif dengan metode penelitian deskriftip.Tekhnik pengumplan data menggunakan tekhnik wawancara,tekhnik observasi,dan tekhnik dokmentasi. Bedasakahan hasil penelitian menunjukan bahwa tradisi bales lampak nae di laksanakan melalui tiga tahapan proses pelaksanaan diantaranya tahap persiapan,tahap pelaksanaan,tahap penutup. Dimana tahap persiapan ditandai dengan adanya aktivitas musyawarah yang dilakukan oleh keluarga pihak laki-laki diaman tujuan musyawarah ini untuk menentukan hari dan tanggal akan dilaksanakan bales lampak nae dan menyiapkan makanan yang akan di bawa ke rumah keluarga pihak perempuan.Tahap pelaksanaan ditandai dengan aktivitas ketika pihak keluarga laki-laki datang ke rumah pihak keluarga perempuan, silaturahmi anatara kedua keluarga dan adanya acara makan bersama anatara kedua keluarga. Tahap Penutup ditandai dengan aktivitas berjabat tangan sambil meng ucapkan salam dimana pihak keluarga laki-laki berpamitan untuk pulang ke pada pihak keluarga perempuan. Artinya, tradisi bales lampak nae sudah selesai di laksankan. Dalam tradisi bales lampak nae terdapat nilai moral yang terdapat didalamnya meliputi: nilai etika, nilai religius dan nilai kekeluargaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai moral, suku sasak, tradisi bales lampak nae.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:29
Last Modified: 15 Nov 2023 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43367

Actions (login required)

View Item View Item