KEANEKARAGAMAN SPESIES SERANGGA TANAH COLLEMBOLA DI KAWASAN OBJEK WISATA ALAM AIR TERJUN BENANG KELAMBU GEOPARK RINJANI PULAU LOMBOK

SITI RAUDATUL, ZUHRIAH (2023) KEANEKARAGAMAN SPESIES SERANGGA TANAH COLLEMBOLA DI KAWASAN OBJEK WISATA ALAM AIR TERJUN BENANG KELAMBU GEOPARK RINJANI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Siti Raudatul Zuhriah_Skripsii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
32.+Zuhriah,+231029_Publish.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Collembola atau yang dikenal dengan sebutan ekorpegas merupakan serangga yang hidup di dalam tanah, permukaan tanah, serasah daun, dan permukaan serasah. Collembola memiliki peranan penting dalam siklus nutrisi, dekomposisi bahan organik serta berperan dalam formasi tanah yang penting bagi ekosistem hutan. Keanekaragaman Collembola yang ada di Kawasan Objek Wisata Alam Air Terjun Benang Kelambu Geopark Rinjani Pulau Lombok belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengetahui keanekaragaman dan indeks ekologi Collembola yang ada Kawasan Objek Wisata Alam Air Terjun Benang Kelambu Geopark Rinjani. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif yang dilakukan pada 14 Juli-12 Agustus 2023. Pengambilan sampel menggunakan metode Pitfall trap dengan dua stasiun penelitian. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 4 kali selama 1 bulan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi indeks keanekaragaman Sannon-Wienner (H’), indeks kemerataan Evennes (E) dan indeks dominansi Simpson (Di). Hasil penelitian mendapatkan 3 sub ordo, 7 famili, 19 spesies dengan 1657 individu. Hasil analisis menunjukkan Indeks Keanekaragaman Collembola H’=1.89591 termasuk kategori keanekaragaman sedang, Indeks Kemerataan E=0.6439 termasuk kategori kemerataan populasi sedang dan Indeks Dominansi Di=0.22118 termasuk kategori dominansi spesies rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Collembola, Keanekaragaman, Kemerataan, Dominansi, Air Terjun Benang Kelambu.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:40
Last Modified: 15 Nov 2023 04:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43379

Actions (login required)

View Item View Item