MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK BERPIKIR-BERPASANGAN-BEREMPAT (THINK-PAIR-SHARE) SISWA KELAS XC SMA NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PEMBELAJARAN 2008-2009

Patmawati, Patmawati (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK BERPIKIR-BERPASANGAN-BEREMPAT (THINK-PAIR-SHARE) SISWA KELAS XC SMA NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PEMBELAJARAN 2008-2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1. Dari segi proses, hasil pembelajaran dengan teknik berpikir-berpasangan-berempat (think-pair-share) mengalami peningkatan. Proses pembelajaran telah mengalami kemajuan yang pesat, siswa yang pada siklus I tidak serius dan kurang bersemangat mengikuti pelajaran serta pasif dalam bertanya atau memberikan tanggapan, pada siklus II terlihat serius dan bersemangat mengikuti pelajaran serta mulai aktif dalam bertanya atau memberikan tanggapan. Hal ini disebabkan suasana pembelajaran yang kondusif dimana guru telah mampu mengontrol siswa dan mengelola kelas dengan baik. 2. Dari segi hasil, juga terjadi peningkatan hasil pembelajaran dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan teknik berpikir-berpasangan-berempat (think-pair-share). Hal ini dapat diketahui dari peningkatan hasil pembelajaran pada setiap aspek penilaian. Pada siklus I, aspek ide pokok sebesar 72,58% meningkat menjadi 75,27% pada siklus II, aspek kesesuaian dengan karakteristik paragraf deskripsi sebesar 92,47% meningkat menjadi 93,55% pada sikus II, aspek koherensi sebesar 70,97% pada siklus I meningkat menjadi 73,39% pada siklus II, aspek penggunaan kata baku sebesar 58,06% pada siklus I meningkat menjadi 89,25% pada siklus II, aspek penggunaan EYD sebesar 59,14% meningkat menjadi 84,95% pada siklus II, dan aspek pilihan kata sebesar 66,66% pada siklus I meningkat menjadi 82,80% pada siklus II. Secara keseluruhan, persentase peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 19,2% yaitu 50,58 pada siklus I meningkat menjadi 69,78 pada siklus II. Sedangkan peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 67,74% yaitu 29,03% pada siklus I yang meningkat menjadi 96,77% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peningkatan hasil pembelajaran pada setiap aspek penilaian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 May 2018 03:10
Last Modified: 26 May 2018 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item View Item