KEANEKARAGAMAN SPESIES ANGGREK (Orchidaceae) DI KAWASAN TAHURA NURAKSA KABUPATEN LOMBOK TENGAH SEBAGAI PENGAYAAN MATA KULIAH KEANEKARAGAMAN HAYATI

DITA ANGGRAINI, SAFITRI SIPAYUNG (2023) KEANEKARAGAMAN SPESIES ANGGREK (Orchidaceae) DI KAWASAN TAHURA NURAKSA KABUPATEN LOMBOK TENGAH SEBAGAI PENGAYAAN MATA KULIAH KEANEKARAGAMAN HAYATI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Full (Dita Anggraini S.Sipayung).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Dita Anggraini Safitri Sipayung.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman spesies anggrek, struktur populasi (kelimpahan, keanekaragaman, dominansi dan pola sebaran) anggrek yang terdapat di Tahura Nuraksa dan pembuatan booklet sebagai pengayaan matakuliah keanekaragaman hayati. Penelitian dilaksanakan di Tahura Nuraksa Resort Kalipalang Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan penentuan lokasi pengamatan menggunakan metode purposive sampling dan pengambilan sampel menggunakan metode non-destruktif dan eksplorasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 544 individu dari 18 spesies anggrek yang ditemukan di lokasi penelitian. Kerapatan anggrek sebesar 1% termasuk kategori rendah, dominansi spesies anggrek sebesar 0,15% yang berarti ada spesies yang mendominasi, indeks keanekaragaman anggrek sebesar = 2,25 yang termasuk dalam kategori sedang dan pola sebaran anggrek yang terdapat di lokasi penelitian umumnya seragam. Booklet dinyatakan layak sebagai pengayaan matakuliah keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keanekaragaman anggrek, pola sebaran, pengayaan .
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:40
Last Modified: 15 Nov 2023 04:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43392

Actions (login required)

View Item View Item