POLA INTERNALISASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP ANAK REMAJA PEREMPUAN DALAM KELUARGA DI DESA SUKA MAKMUR, GERUNG, LOMBOK BARAT

NABILAH, NISA’UZZAKIYYAH (2023) POLA INTERNALISASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP ANAK REMAJA PEREMPUAN DALAM KELUARGA DI DESA SUKA MAKMUR, GERUNG, LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nabilah Nisa'uzzakiyyah (E1S019063)_062124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Nabilah Nisa'uzzakiyyah.pdf

Download (823kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola internalisasi pendidikan kesehatan reproduksi terhadap anak remaja perempuan dalam keluarga di Desa Suka Makmur, Gerung, Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tahapan dalam pola internalisasi pendidikan kesehatan reproduksi yakni tahap transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi, kendala dalam pelaksanaannya serta solusi yang dapat dilakukan. Pemahaman yang diberikan dalam pola internalisasi yaitu: tanda perubahan fisik perempuan, fungsi alat reproduksi, cara memakai pembalut, cara membersihkan noda dari pakaian, menyarankan anak untuk banyak bergerak, minum air putih dan obat pereda nyeri, beristirahat ketika mengalami keram perut, serta mencontohkan anak untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Kendala yang terjadi seperti kurangnya pengetahuan orang tua, rendahnya interaksi antaranggota keluarga, perbedaan identitas seks, anggapan masyarakat yang masih tabu, dan PKPR yang belum terlaksana. Solusi yang dapat dilakukan antara lain pendampingan dan perhatian orang tua terhadap anak, memperbaiki cara berkomunikasi, memperbaiki dan meningkatkan peran sosialisasi dalam keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Internalisasi, Kesehatan Reproduksi, Remaja
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:41
Last Modified: 15 Nov 2023 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43406

Actions (login required)

View Item View Item