PENGARUH KANDUNGAN PARTIKEL CANGKANG KERANG DARAH DAN PARTIKEL KARBON HASIL PIROLISIS PLASTIK TERHADAP KEKUATAN TARIK KOMPOSIT SERAT DAUN NANAS BERMATRIK EPOXY

Ajrul, Mu’minin (2023) PENGARUH KANDUNGAN PARTIKEL CANGKANG KERANG DARAH DAN PARTIKEL KARBON HASIL PIROLISIS PLASTIK TERHADAP KEKUATAN TARIK KOMPOSIT SERAT DAUN NANAS BERMATRIK EPOXY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR AJRUL MU'MININ F1C019014 FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Komposit merupakan salah satu bahan material alternatif yang mempunyai sifat mekanik yang lebih baik dari material lainnya dalam hal tertentu. Epoxy merupakan jenis resin thermosets termasuk kelompok polimer yang bisa digunakan sebagai bahan pelapis perekat, dan sebagai matriks (pengikat) pada material komposit. Untuk meningkatkan kekuatan mekanik dari epoxy dapat ditambahkan serat alam seperti serat daun nanas dan filler, seperti partikel dari cangkang kerang darah dan partikel karbon hasil pirolisis plastik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kandungan partikel cangkang kerang darah dan partikel karbon hasil pirolisis plastik terhadap kekuatan kekuatan tarik komposit serat daun nanas bermatrik epoxy. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah filler cangkang kerang darah dan filler karbon hasil pirolisis plastik terhadap serat daun nanas dengan matrik epoxy resin dan epoxy hardener. Fraksi berat filler yang digunakan (0%, 5%, 10%, 15%) sedangkan fraksi volume serat daun nanas konstan 50% dalam komposit. Arah serat daun nanas adalah searah pembebanan. Pengujian yang dilakukan adalah uji tarik mengacu ke ASTM D3039. Parameter yang di ukur adalah kekuatan tarik, regangan saat patah, dan modulus elastisitas. Hasil penelitian menunjukan secara umum, penamahan filler Partikel cangkang kerang darah dan filler karbon hasil pirolisis plastik menurunkan kekuatan tarik dan modulus elastisitas, tetapi hanya sedikit meningkatkan regangan saat patah. Pada fraksi berat filler 5% dan 10% nilai kekuatan tarik komposit dengan filler cangkang kerang darah lebih tinggi dibanding komposit dengan filler karbon hasil pirolisis plastik, sedangkan pada fraksi berat filler 15% kekuatan tarik komposit dengan filler partikel karbon hasil pirolisis plastik lebih tinggi dibandingkan dengan filler cangkang kerang darah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): epoxy, cangkang kerang darah, karbon hasil pirolisis plastik, serat daun nanas, tarik
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 00:15
Last Modified: 15 Nov 2023 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43420

Actions (login required)

View Item View Item