Hasrima, Pebrianti (2023) PERKEMBANGAN OMZET PENJUALAN UMKM AGROINDUSTRI PADA E-COMMERCE NTB MALL. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
S_HASRIMA PEBRIANTI_PERKEMBANGAN OMZET PENJUALAN UMKM AGROINDUSTRI PADA E-COMMERCE NTB MALL_1123_.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
||
|
Text
J_HASRIMA PEBRIANTI_PERKEMBANGAN OMZET PENJUALAN UMKM AGROINDUSTRI PADA E-COMMERCE NTB MALL_1123_.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis fluktuasi omzet penjualan UMKM agroindustri pada e-commerce NTB Mall, (2) Menganalisis perkembangan omzet penjualan UMKM agroindustri pada e-commerce NTB Mall. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian adalah UMKM agroindustri yang sudah bergabung pada e-commerce NTB Mall.Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode sensus yaitu sebanyak 50 UMKM agroindustri pada e-commerce NTB Mall. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan metode survey yaitu wawancara secara langsung kepada para pemilik UMKM dengan berpedoman pada daftar pertanyaan (kuisioner). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Omzet penjualan UMKM agroindustri pada e-commerce NTB Mall yang sudah bergabung selama 2 tahun mengalami fluktuasi. Adapun jenis UMKM agroindustri yang cenderung mengalami peningkatan omzet penjualan diantaranya UMKM jenis kerajinan, jenis makanan dan minuman, jenis pakaian, jenis aksesoris, dan jenis produk kecantikan. Sedangkan UMKM agroindustri yang cenderung mengalami penurunan yakni UMKM jenis mutiara. (2) Perkembangan omzet penjualan UMKM agroindustri pada e-commerce NTB Mall mengalami trend peningkatan dan penurunan. Adapun jenis UMKM agroindustri yang mengalami trend peningkatan diantaranya jenis kerajinan, jenis makanan dan minuman, jenis aksesoris dan jenis produk kecantikan. Sedangkan UMKM agroindustri yang mengalami trend penurunan diantaranya yakni jenis mutiara. Yang artinya jika mengalami trend kenaikan maka terdapat kenaikan omzet penjualan setiap bulannya sehingga perkembangan omzet penjualan meningkat dan sebaliknya jika mengalami trend penurunan maka terdapat penurunan omzet penjualan setiap bulannya sehingga perkembangan omzet penjualan menurun.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | E-commerce NTB Mall, Omzet Penjualan, Fluktuasi, Analisis Trend |
Subjects: | S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 04:41 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 04:41 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43429 |
Actions (login required)
View Item |