REPRESENTASI CITRA MANUSIA DALAM SERIAL FILM SQUID GAME

Syfa Bela, Fatima (2023) REPRESENTASI CITRA MANUSIA DALAM SERIAL FILM SQUID GAME. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Syfa Bela Fatima L1B018114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Syfa Bela Fatima L1B018114.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi citra manusia dalam serial film Squid Game. Metode penelitian yang digunakan tanda dan simbol yang ada dalam serial film Squid Game kemudian dibaca menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotik. Subjek dalam penelitian adalah serial film Squid Game. Objek dalam penelitian ini adalah tanda citra manusia yang direpresentasikan melalui adegan, dialog, dan latar dalam serial film Squid Game. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Observasi yang dilakukan berupa non-participants observation. Sedangkan dokumentasi, peneliti mengumpulkan dokumen berupa gambar perscene yang di-screenshot yang di analisis melalui suara, dialog, teks, adegan maupun penokohan yang mengandung nilai citra manusia. Wawancara dilakukan kepada orang yang telah menonton film Squid Game. Teknik analisis data menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Di mana pada analisis ini memiliki tiga makna dalam teorinya yaitu: tanda denotasi, tanda konotasi, dan mitos. Peneliti ini berfokus kepada adegan atau scene dalam film yang diidentifikasi berdasarkan teori Abraham Maslow yang mengandung citra manusia. Hasil penelitian bahwa citra manusia dalam film Squid Game adalah lebih mementingkan uang di atas segalanya, egois, sadis, angkuh, licik, manusia sebagai barang taruhan, manusia sebagai bahan hiburan, putus asa, pendendam, orang miskin berpenampilan lusuh dan tidak terawat sedangkan orang kaya berpenampilan rapi dan berbadan besar, dan emosional. Segala citra manusia di film ini berkaitan dengan kebutuhan manusia. Para peserta untuk kebutuhan fisiologis dan kalangan atas untuk kebutuhan aktualisasi diri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Representasi, Citra Manusia, Film Squid Game
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:41
Last Modified: 15 Nov 2023 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43440

Actions (login required)

View Item View Item