PERSEPSI PENGGUNA AIQ BONG SEBAGAI SARANA PENGOBATAN TRADISIONAL DI DESA KERONGKONG KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Baiq Juwiarni, Aptika (2023) PERSEPSI PENGGUNA AIQ BONG SEBAGAI SARANA PENGOBATAN TRADISIONAL DI DESA KERONGKONG KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Baiq Juwiarni Aptikaa fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_Baiq Juwiarni Aptika.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Pengobatan tradisional air doa merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional dengan menggunakan air sebagai media penyembuhannya. Air yang digunakan tersebut sebelumnya diberi doa atau mantra oleh sesepuh atau orang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Fenomena penggunaan air doa atau aiq bong sebagai sarana pengobatan tradisional yang ada di Desa Kerongkong menimbulkan berbagai persepsi dari penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penggunaan aiq bong dan bagaimana persepsi pengguna aiq bong sebagai sarana pengobatan tradisional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Adapun validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan proses penggunaan aiq bong terdapat 4 tahap yakni: a) meminta aiq bong, b) pengambilan aiq bong, c) pembacaan doa aiq bong, d) implementasi aiq bong. Penggunaan atau implementasi aiq bong oleh penggunanya berbeda-beda tergantung dengan jenis penyakit yang diderita. Selain itu, terdapat dua persepsi terhadap penggunaan aiq bong sebagai sarana pengobatan tradisional yakni persepsi dari pengguna aiq bong fanatik dan persepsi pengguna aiq bong moderat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengobatan tradisional, Aiq Bong, Persepsi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:41
Last Modified: 15 Nov 2023 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43442

Actions (login required)

View Item View Item