MANAJEMEN KONFLIK PADA SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SD DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

DEDI, YUSUF (2023) MANAJEMEN KONFLIK PADA SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SD DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS DEDI YUSUF I2K022005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKELTESIS DEDI YUSUF I2K022005.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitianiini bertujuan untuk mengetahui secara jelas adanya konflik yang berkembang pada sekolah penggerak jenjang satuan pendidikan SD di Kabupaten Lombok Barat, dengan subfokus antara lain: untuk mengetahuiibentuk konflik interpersonal dalam organisasi, untuk mengetahui manajemen konflik interpersonal dan untuk mengetahui dampak manajemen konflik interpersonal dalam organisasi terhadap sumber daya manusia pada sekolah penggerak tingkat satuan pendidikan SD di Kabupaten Lombok Barat. Penelitianiini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Teknik analisa data menggunakan model interaktif yang terdiriidari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasillpenelitian menunjukkan bahwa: bentuk-bentuk konflik interpersonal yang muncul dalam konteks ini diantaranya : konflik peran; konflik komunikasi; konflik kepribadian; konflik tujuan dan nilai. Manajemen konflik dilakukan melalui pendekatan yang sistematis dengan langkah-langkah yaitu: identifikasi konflik; pengumpulan informasi; negosiasi dan mediasi; pengembangan solusi serta Implementasi dan monitoring: dampak manajemen konflik interpersonal terhadap SDM sekolah penggerak tingkat satuan pendidikan SD di Kab. Lombok Barat adalah: peningkatan kinerja; peningkatan kolaborasi; pengembangan hubungan interpersonal; reduksi stres. Beberapa rekomendasi dapat diajukan untuk meningkatkan manajemen konflik interpersonal di sekolah penggerak jenjang satuan pendidikan SD di Kabupaten: 1) pelatihan dan pengembangan keterampilan komunikasi sekolah; 2) pendekatan proaktif dalam identifikasi konflik lebih awal; 3) penunjukan mediator profesional ketika konflik kompleks muncul; 4)komitmen pimpinan; 5) evaluasi rutin dan pemantauan dampak sekolah; 6) Konsolidasi nilai dan visi misi sekolah .

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): konflik, manajemen, sekolah penggerak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:53
Last Modified: 17 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43444

Actions (login required)

View Item View Item