TINDAK TUTUR DIREKTIF INTERAKSI GURU KEPADA MURID USIA 3-6 TAHUN: STUDI KASUS DI KB AL-ISLAH DESA SANDIK, KECAMATAN BATU LAYAR

BAIQ, ROHMAH (2023) TINDAK TUTUR DIREKTIF INTERAKSI GURU KEPADA MURID USIA 3-6 TAHUN: STUDI KASUS DI KB AL-ISLAH DESA SANDIK, KECAMATAN BATU LAYAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ ROHMAH PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL BAIQ ROHMAH.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam interaksi guru kepada murid usia 3-6 tahun di KB Al-Islah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru dan murid sedangkan objek penelitiannya berupa semua tuturan direktif yang terdapat dalam interaksi guru dan murid. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik simak libas cakap (SLBC), teknik catat dan teknik rekam. Metode analisis data menggunakan metode padan intralingual dan ekstralingual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jenis tindak tutur direktif ditemukan dalam interaksi guru kepada murid yang terdiri atas enam jenis tindak tutur direktif yakni: permintaan (requestives), pertanyaan (questions), perintah (requirements), larangan (probibitives), pemberian izin (permissives) dan nasihat (advisioris). Selama proses belajar dan berinteraksi, tuturan yang paling sering digunakan oleh guru yaitu tindak tutur perintah, pertanyaan dan permintaan sehingga ketiga jenis tindak tutur tersebut lebih banyak ditemukan dalam interaksi guru kepada murid di KB Al-Islah Desa Sandik, Kecamatan Batu Layar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tindak tutur, direktif, interaksi, usia,guru,murid
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:53
Last Modified: 17 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43445

Actions (login required)

View Item View Item