KONTRIBUSI PENGEMBANGAN KAWASAN PARIWISATA PANTAI RANTUNG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Kasus Pelaku Usaha dan Pelaku Wisata Di Desa Sekongkang Bawah Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat)

Alfin, Ramdani (2023) KONTRIBUSI PENGEMBANGAN KAWASAN PARIWISATA PANTAI RANTUNG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Kasus Pelaku Usaha dan Pelaku Wisata Di Desa Sekongkang Bawah Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ALFIN_RAMDANI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan pariwisata merupakan suatu rangkaian upaya untuk mewujudkan keterpaduan dalam penggunaan sumberdaya pariwisata mengintegrasikan segala bentuk aspek diluar pariwisata yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung akan kelangsungan pengembangan pariwisata. Pengembangan pariwisata dan kunjungan wisatawan yang meningkat dapat menimbulkan dampak atau pengaruh positif maupun negatif, yang terkena dampak tersebut adalah masyarakat, lingkungan, ekonomi, maupun sosial dan sampai sekarang ini pariwisata sudah hampir menyentuh semua masyarakat dunia sampai kepada masyarakat-masyarakat terpencil. Salah satu objek pariwisata pantai yang terkenal di Kabupaten Sumbawa Barat khususnya di Kecamatan Sekongkang adalah pantai Rantung, kawasan ini mampu menarik para wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut, karena memiliki sport surfing internasional. Banyak cara yang dilakukan masyarakat sekitar Pantai Rantung untuk memajukan potensi alam agar berkembang dan biasa dikenal khalayak banyak. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kendala dan kondisi sosial ekonomi masyarakat dalam pengembangan Pantai Rantung di Desa Sekongkang Bawah. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei. unit analisis pada penelitian adalah pengunjung dan pelaku wisata yang terdiri pekerja dan pemilik penginapan di Kawasan Pantai Rantung di Desa Sekongkang Bawah Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat. Responden terdiri dari pelaku usaha dan pelaku wisata di Pantai Rantung dalam 6 (enam) bulan terakhir. Jumlah responden ditentukan dengan cara Quota Sampling sebanyak 40 orang. Responden dalam penelitian ini terdiri dari pelaku usaha (pedagang kios) dan pelaku wisata (pemilik café, villa, hotel dan pemandu wisata) yang berkaitan dengan lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitianini menggunakan teknik survey dengan menggunakan kuesioner yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain itu juga dilakukan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata berkontribusi terhadap perubahan kondisi sosial ekonomi Masyarakat. Perubahan sosial yang mengalami pererubahan didesa Sekongkang Bawah tersebut dan perubahan ekonomi. Selain itu, Kendala dalam pengembangan pariwisata Pantai Rantung adalah keamanan dan kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pariwisata, pantai rantung, sosial ekonomi, masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:54
Last Modified: 17 Nov 2023 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43448

Actions (login required)

View Item View Item