PENGARUH PAPARAN MIKROPLASTIK POLYVINYL CHLORIDE (PVC) TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN LELE (Clarias gariepinus)

Srikandi Ayu, Kartini (2023) PENGARUH PAPARAN MIKROPLASTIK POLYVINYL CHLORIDE (PVC) TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN LELE (Clarias gariepinus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Srikandi Ayu Kartini_C1K019079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Srikandi Ayu Kartini_C1K019079.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Polyvinyl Chloride (PVC) merupakan salah satu mikroplastik yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan konstruksi. Ikan lele termasuk ke dalam jenis ikan karnivora yang hidupnya di dasar perairan, yang cenderung memakan mangsanya secara utuh. Jenis ikan karnivora dapat terkontaminasi mikroplastik melalui dasar substrat pasir yang mengandung mikroplastik telah teraduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan mikroplastik Polyvinyl Chloride (PVC) terhadap performa pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan lele (Clarias gariepinus). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan, yaitu P1 (0 mg/L mikroplastik), P2 (5 mg/L mikroplastik), P3 (10 mg/L mikroplastik), dan P4 (15 mg/L mikroplastik). Nilai terbaik dari penelitian ini adalah pada perlakuan P1 (0 mg/L mikroplastik) dengan nilai pertumbuhan panjang mutlak sebesar 3,36 cm, pertumbuhan bobot mutlak 27 gram, pertumbuhan bobot spesifik 29,96 %, pertumbuhan panjang spesifik 11,21 %, Feed Convention Ratio 1,51 %, Tingkat Kelangsungan Hidup 86,6 %, kelimpahan mikroplastik pada usus ikan 0,06 partikel/individu, dan kelimpahan mikroplastik pada daging ikan 1 partikel/individu. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu paparan mikroplastik Polyvinyl Chloride (PVC) dengan dosis 5 mg/L, 10 mg/L, dan 15 mg/L sudah berpengaruh terhadap pertumbuhan bobot mutlak, pertumbuhan bobot spesifik, dan tingkat kelangsungan hidup (SR) ikan lele. Sedangkan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan panjang mutlak dan pertumbuhan panjang spesifik ikan lele (Clarias gariepinus).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan lele, mikroplastik, Polyvinyl Chloride (PVC), pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:53
Last Modified: 17 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43450

Actions (login required)

View Item View Item