PENGARUH PAPARAN MIKROPLASTIK POLIVINIL KLORIDA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERFORMA PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Wiwin Iky, Soenarky (2023) PENGARUH PAPARAN MIKROPLASTIK POLIVINIL KLORIDA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERFORMA PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi _Wiwin Iky Soenarky_C1K019097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal _Wiwin Iky Soenarky_C1K019097.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Plastik merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan manusia. Mikroplastik merupakan partikel plastik yang diameternya kurang dari 5 mm yang dapat menimbulkan dampak kurang baik terhadap kehidupan organisme di perairan terutama jenis mikroplastik polivinil klorida (PVC). Dampak dari mikroplastik polivinil klorida (PVC) pada organisme perairan berkaitan dengan zat kimia dari lingkungan yang menempel pada mikroplastik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh paparan mikropastik jenis polivinil klorida terhadap pertumbuhan bobot mutlak, Spesific Growth Rate (SGR), sintasan, Feed Covention Ratio (FCR) dan untuk mengetahui kelimpahan mikroplastik jenis polivinil klorida pada usus ikan nila. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimental, menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 3 kali ulangan pada setiap perlakuannya yaitu MP0 (tanpa perlakuan mikroplastik), MP1 (penambahan 5 mg/L polivinil klorida), MP2 (penambahan 15 mg/L polivinil klorida), MP3 (penambahan 20 mg/L polivinil klorida), Hasil dari pertumbuhan bobot mutlak ikan nila (O. niloticus) berkisar 10,7 g - 32,8 g, specific growth rate berkisar 2.14 % - 4.40%, Survival Rate yang didapatkan rata-rata berkisar antara 37.7%-73.3%, Feed Convention Ratio berkisar 1.62% - 2.00%, dan kelimpahan mikroplastik polivinil klorida berkisar 42,0 -76,6 partikel/individu. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu paparan mikroplastik polivinil klorida terhadap kelangsungan hidup dan performa pertumbuhan pada ikan nila melalui air memberikan perbedaan nyata terhadap pertumbuhan bobot mutlak, Spesific Growth Rate (SGR), Survival Rate (SR), Feed Convention Rate (FCR) dan kelimpahan mikroplastik jenis polivinil klorida pada usus ikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Plastik, Mikroplastik, Polivinil Klorida, Ikan Nila.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:53
Last Modified: 17 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43453

Actions (login required)

View Item View Item