KARAKTERISTIK FISIK TANAH ASOSIASI HAPLUSTEPS-HAPLUSTALFS PADA BERBAGAI KEMIRINGAN LERENG DI LAHAN TEGALAN KECAMATAN SEKOTONG LOMBOK BARAT

NUR, FIKAH (2023) KARAKTERISTIK FISIK TANAH ASOSIASI HAPLUSTEPS-HAPLUSTALFS PADA BERBAGAI KEMIRINGAN LERENG DI LAHAN TEGALAN KECAMATAN SEKOTONG LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURFIKAH_C1B019045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_NURFIKAH_C1B019045.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik fisik tanah asosiasi Haplusteps-Haplustalfs pada berbagai kemiringan lereng di lahan tegalan Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskripkitf dengan teknik survei. Penentuan titik sampel dilakukan secara purposive random sampling berdasarkan luas lahan ladang dan kebun serta kemiringan lereng. Berdasarkan luasan dan kemiringan tersebut ditetapkan 24 titik sampel. Pada lahan ladang ditetapkan 16 titik sampel sedangkan pada kebun ditetapkan 8 titik sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe struktur tanah pada lahan kebun maupun ladang dengan berbagai kemiringan di dominasi oleh tipe struktur remah. Tekstur tanah pada lahan kebun maupun pada ladang dengan berbagai kemiringan di dominasi oleh tekstur lempung (loam). Pada lahan kebun semakin tinggi kemiringan lereng maka porositasnya semakin baik tetapi pada ladang semakin tinggi kemiringan lereng maka porositasnya semakin kurang baik (rendah). Pada lahan kebun dan ladang semakin tinggi kemiringan lereng maka permeabilitasnya semakin lambat. Pada lahan kebun dan ladang semakin tinggi kemiringan lereng maka kemantapan agregatnya semakin Jurnal Sains Teknologi dan Lingkungan Vol.x,No.x, Tahun Author1 , Author 2 , Author 3 2 kuat. Pada lahan kebun dan ladang semakin tinggi kemiringan lereng maka C-Organiknya semakin rendah. Rerata nilai fraksi liat, fraksi debu, porositas, permeabilitas, kemantapan agregat dan C-Organik lebih tinggi pada penggunaan lahan kebun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kebun, Kemiringan Lereng, Ladang, Sifat Fisik Tanah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:53
Last Modified: 17 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43455

Actions (login required)

View Item View Item