PERILAKU ANAK SEBAGAI AKIBAT DARI PERGESERAN PERMAINAN TRADISIONAL KE MODERN (Kasus Anak-Anak di Dusun Koloh Petung Timuk Desa Lenek Pesiraman Kabupaten Lombok Timur)

Maulidatul, Hasanah (2023) PERILAKU ANAK SEBAGAI AKIBAT DARI PERGESERAN PERMAINAN TRADISIONAL KE MODERN (Kasus Anak-Anak di Dusun Koloh Petung Timuk Desa Lenek Pesiraman Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PERILAKU ANAK SEBAGAI AKIBAT DARI PERGESERAN PERMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL PERILAKU ANAK SEBAGAI AKIBAT DARI PERGESERAN PERMA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Akibat arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan semakin banyaknya masyarakat terutama anak-anak dalam menggunakan teknologi seperti handphone. Handphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi akan tetapi banyak anak-anak yang menggunakan handphone untuk bermain game. Banyaknya anak yang bermain permainan modern mengakibatkan eksistensi permainan tradisional menjadi tergeser. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku serta dampak perilaku anak sebagai akibat dari pergesran permainan tradisional ke modern di Dusun Koloh Petung Timuk. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial Max Weber yang melihat bagaimana tindakan anak-anak akibat permainan modern. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama bentuk perilaku anak yang terjadi dalam aspek kognitif yaitu anak dapat menggunakan bahasa inggris dan langsung mempraktekkannya; dalam aspek afektif yaitu anak menjadi mudah emosi dan tidak sabaran, anak menjadi malas belajar, mengaji, dan beribadah; dalam aspek psikomotorik yaitu anak menjadi terampil dalam mengoperasikan teknologi. Kedua, dampak yang ditimbulkan ada dua yaitu dampak positif berupa menambah relasi pertemanan dan mendapat keuntungan ekonomi; dampak negatifnya berupa anak bersifat individualis, mengganggu kesehatan, timbulnya sifat boros pada anak, anak menjadi kecanduan game, dan anak menjadi suka berbohong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku Anak, Permainan Modern
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:54
Last Modified: 17 Nov 2023 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43458

Actions (login required)

View Item View Item