ANALISIS PERBANDINGAN THROUGHPUT HASIL PENGUKURAN APLIKASI DRIVE TEST DI JARINGAN LTE GUNA MENUNJANG KELAYAKAN PROGRAM SMART CITY DI KAWASAN KANTOR BUPATI LOMBOK TIMUR

RIZKI FEBRIA, SATRIADI (2023) ANALISIS PERBANDINGAN THROUGHPUT HASIL PENGUKURAN APLIKASI DRIVE TEST DI JARINGAN LTE GUNA MENUNJANG KELAYAKAN PROGRAM SMART CITY DI KAWASAN KANTOR BUPATI LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR_RIZKI FEBRIA SATRIADI_F1B018058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_RIZKI FEBRIA SATRIADI_F1B018058.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Dengan meningkatnya populasi global dunia, pergeseran masyarakat menuju lingkungan hidup perkotaan merupakan fenomena yang tak terhindarkan. Akibatnya, kota semakin menghadapi tantangan yang kompleks dan signifikan, Hal ini menuntut setiap kota untuk beradaptasi dan mengubah cara berinteraksi antara pemerintah dan masyarakat melalui penerapan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Pada tahun 2017 Kabupaten Lombok Timur terpilih sebagai salah satu daerah yang akan menjadi Smart city di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan adanya pengkajian dan persiapan dalam menjalankan program tersebut dengan salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menganalisis Quality of Service (QoS) jaringan khususnya di sekitar kawasan kantor Bupati Lombok Timur. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil pengukuran parameter Throughput antara provider Telkomsel dan XL menggunakan aplikasi Wireshark dan aplikasi G-Net track pro pada jaringan LTE untuk menunjang kelayakan program Smart City. Berdasarkan hasil pengukuran dan perhitungan, pada provider XL didapatkan nilai ratarata throughput sebesar 1.119 kbps sesuai standar TIPHON dengan indeks 3 atau termasuk pada kategori Bagus sedangkan provider Telkomsel didapatkan nilai rata-rata throughput sebesar 1.220 kbps sesuai standar TIPHON dengan indeks 4 atau termasuk pada kategori Sangat Bagus. Secara keselurahan untuk kawasan kantor Bupati Lombok Timur memiliki nilai rata-rata Throughput yang memenuhi standar sesuai dengan Permenkominfo Nomor 19/PER/M.KOMINFO/12/2010 dan sesuai standar TIPHON dengan indeks 3 atau termasuk kategori Bagus untuk memenuhi standar kelayakan program Smart City di kawasan kantor Bupati Lombok Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Smart City, Jaringan LTE, G-Net Track Pro, Wireshark, Throughput.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:54
Last Modified: 17 Nov 2023 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43460

Actions (login required)

View Item View Item