PARTISIPASI MASYARAKAT PESISIR DALAM PENGEMBANGAN WISATA PANTAI KETAPANG DESA PRINGGABAYA KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

JULI, YANTI (2023) PARTISIPASI MASYARAKAT PESISIR DALAM PENGEMBANGAN WISATA PANTAI KETAPANG DESA PRINGGABAYA KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Partisipasi Masyarakat Pesisir dalam Pengembangan Wi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_Partisipasi Masyarakat Pesisir dalam Pengembangan Wi.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian berfokus pada pengembangan wisata pantai Ketapang, yang terdiri dari partisipasi masyarakat serta kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), Permasalahan sampah, dan prasarana yang ada di destinasi wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat pesisir dalam pengembangan wisata Pantai Ketapang, faktor pendorong dan penghambat masyarakat pesisir berpartisipasi terhadap pengembangan wisata Pantai Ketapang. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini yakni teori tindakan sosial Max Weber. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata pantai Ketapang terdiri dari partisipasi ide atau gagasan, partisipasi tenaga, pengambilan keputusan dan penerimaan manfaat. Faktor pendorong dalam pengembangan wisata Pantai Ketapang terdiri dari kesejahteraan ekonomi masyarakat, kesadaran kolektif masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu perbedaan kepentingan antara individu yang satu dengan lainnya dan prasangka masyarakat bahwa pariwisata berkaitan dengan hal-hal yang negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pariwisata, Partisipasi, dan Masyarakat Pesisir
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:57
Last Modified: 17 Nov 2023 07:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43475

Actions (login required)

View Item View Item