PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L.) PADA KOMBINASI PUPUK KANDANG SAPI, PUPUK NPK, DAN PUPUK AGROSIL DI LAHAN KERING LOMBOK UTARA

HALIMATUS, SA’DIAH (2023) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L.) PADA KOMBINASI PUPUK KANDANG SAPI, PUPUK NPK, DAN PUPUK AGROSIL DI LAHAN KERING LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HALIMATUSSA'DIAHH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum melalui penambahan kombinasi pupuk kandang sapi, pupuk NPK, dan pupuk Agrosil di lahan kering kabupaten Lombok Utara. Kegiatan dilaksanakan pada bulan September 2022 sampai dengan Januari 2023. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok, menggunakan sorgum varietas Bioguma 3 Agritan. Perlakuan yang diuji terdiri dari 4 macam, yaitu: P0 (Tanpa pemberian pupuk kontrol), P1 (Pupuk Kandang 10 ton/ha, P2: Pupuk Kandang 10 ton/ha + Pupuk NPK Phonska 200 kg/ha), dan P3 (Pupuk Kandang 10 ton/ha + Pupuk NPK Phonska 200 kg/ha + Pupuk Agrosil Silikat 80 kg/ha). Setiap perlakuan diulang 6 kali sehingga diperoleh 24 unit percobaan. Parameter yang diamati meliputi parameter tanah analisis tanah awal, yaitu: Tekstur (Metode Hydrometri), N-Total (%) (Metode Kjeldhal), C-organik (%)(metode Walkey-Black), dan pH H2O (pH meter) dan analisis tanah akhir ditetapkan N-Total (%) , C-organik (%), dan pH H2O (pH meter), sedangkan parameter tanaman yaitu: Tinggi tanaman (cm), diameter batang (cm), kadar brix, dan hasil ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan pemberian kombinasi pupuk kandang sapi, pupuk NPK dan pupuk agrosil (P3) dengan peningkatan hasil sebesar 148% sorgum varietas Bioguma 3 Agritan dibandingkan dengan perlakuan kontrol (P0).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sorgum, Pupuk kandang sapi, Pupuk NPK, Pupuk Agrosil
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:57
Last Modified: 17 Nov 2023 07:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43480

Actions (login required)

View Item View Item