PERAN TIM PENDAMPING KELUARGA (TPK) SEBAGAI MODAL SOSIAL DALAM PENCEGAHAN STUNTING (Studi Kasus di Desa Aikprapa Kecamatan Aikmel)

LINA, RASWATI (2023) PERAN TIM PENDAMPING KELUARGA (TPK) SEBAGAI MODAL SOSIAL DALAM PENCEGAHAN STUNTING (Studi Kasus di Desa Aikprapa Kecamatan Aikmel). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Peran Tim Pendamping Keluarga (TPK) Sebagai Modal So.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_Peran Tim Pendamping Keluarga (TPK) Sebagai Modal So.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Stunting menjadi permasalahan di bidang kesehatan yang ada di Desa Aikprapa. Berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah desa dalam menangani stunting. Kelompok TPK menjadi garda terdepan dalam penangangan stunting di Desa Aikprapa. Untuk menjalankan peran, TPK telah memiliki modal sosial dalam penanganan stunting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai peran TPK sebagai modal sosial dalam pencegahan stunting serta hambatan TPK dalam pencegahan stunting. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini yakni teori modal sosial Fukuyama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan lima peran yang dimiliki TPK dalam pencegahan stunting yakni (1) sebagai pusat informasi, (2) agen pendamping, (3) dukungan sosial, (4) wadah kerjasama, (5) unit produksi, sedangkan hambatan TPK dalam pencegahan stunting di Desa Aikprapa yakni (1) dana yang sedikit, (2) pernikahan usia anak, (3) kondisi kesehatan bawaan ibu, (4) nilai norma masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Stunting, TPK, Modal Sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Nov 2023 23:47
Last Modified: 19 Nov 2023 23:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43486

Actions (login required)

View Item View Item