STRATEGI KOMUNIKASI MENARA CAHAYA BANGSA FOUNDATION DALAM MENCARI DONATUR

Ni Nyoman, Trisusanti (2023) STRATEGI KOMUNIKASI MENARA CAHAYA BANGSA FOUNDATION DALAM MENCARI DONATUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI NYOMAN TRISUSANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NYOMAN.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Menara Cahaya Bangsa Foundation Dalam Mencari Donatur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendektan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang digunakan Menara Cahaya Bangsa Foundation meliputi pertama, strategi dalam memilih komunikator yaitu yang memiliki kredibilitas dalam taraf pendidikan, memiliki kecakapan dalam berbicara dan berpakaian serta menempati posisi penting dalam masyarakat. kedua, strategi dalam memilih pesan komunikasi yaitu dengan sosialisasi dan melalui media sosial, ketiga, strategi dalam memilih media komunikasi MCBF mengggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook. keempat, kerangka refrensi dan faktor situasi dan kondisi. Kelima, efek yang dihasilkan dari komunikan MCBF yaitu donatur senantiasa menyumbang secara konsisten demi keberlangsungan MCBF dalam menyejahterakan anak-anak. Hasil penlitian juga menggunakan strategi komunikasi meliputi teori penetrasi sosial, yaitu tahapan orientasi, pertukaran penjajakan afektif, pertukaran afektif, pertukaran stabil. Adapun tahapan strategi komuikasi berdasarkan humas: (1) Pencarian fakta/masalah (fact finding) melalui komunikasi public secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi secara langsung melalui interaksi langsung dengan pengunjung saat berada di Narmada Botanic Garden. Komunikasi secara tidak langsung dengan menggunakan media sosial. (2) Perencanaan dan penyusunan program (planning and programming) yaitu: merencanakan sosialisasi, kemudian menentukan media sosial yang digunakan antara lain instagram dan facebook. (3) Action and communicating yaitu melaksanakan apa yang sudah direncanakan. (4) Evaluation antara lain evaluasi setelahkegiatan berakhir, apa yang kurang dari yang sudah direncanakan apa sudah berhasil atau tidak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Komunikasi, Donatur
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Nov 2023 23:47
Last Modified: 19 Nov 2023 23:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43487

Actions (login required)

View Item View Item