PERILAKU TARIK DAN LENTUR KOMPOSIT BERMATRIKS EPOKSI YANG DIPERKUAT DENGAN HIBRIDISASI SERAT RAMI DAN SERAT KACA TENSILE AND FLEXIBLE BEHAVIOR OF EPOXY MATRIX REINFORCED COMPOSITES HYBRIDISED BY RAMIE FIBER AND GLASS FIBER

AHMAD, HATAMI (2023) PERILAKU TARIK DAN LENTUR KOMPOSIT BERMATRIKS EPOKSI YANG DIPERKUAT DENGAN HIBRIDISASI SERAT RAMI DAN SERAT KACA TENSILE AND FLEXIBLE BEHAVIOR OF EPOXY MATRIX REINFORCED COMPOSITES HYBRIDISED BY RAMIE FIBER AND GLASS FIBER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
4. F1A019004-Ahmad Hatami-Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2 F1A019004-Ahmad Hatami-Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan kemajuan zaman meningkat pula kesadaran manusia terhadap lingkungan, dengan memanfaatkan mateial alam untuk membuat produk komponen bangunan dalam bentuk komposit serat. Halini dikarenakan komposit dinilaimempunyaikeunggulan dibandingkan dengan bahan alternatif lainnya. Beberapa penelitian juga mengkombinasikan material yang digunakan, seperti material serat yang digunakan tidak lagi satu serat melainkan dicoba mengkombinasikan dua atau lebih serat atau disebut hibridisasi serat yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan dari material komposit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hibridisasi komposit serat rami dan serat kaca terhadap sifat mekanik. Benda uji dibuat dengan metode hand lay up menggunakan lima jenis variasi proporsi, selanjutnya tiap komposit dipotong menjadi spesimen sesuai standar ASTM D-3039 untuk uji tarik dan ASTM D-790 untuk uji lentur. Kemudian dilakukan analisis data dengan uji statistik menggunakan software minitab, untuk mengetahui tingkat pengaruh atau signifikansi dari komposit hibridisasi serat rami dan serat kaca. Hasil penelitian pengujian sifat mekanik diperoleh kekuatan tarik untuk sampel TA, TB, TD, dan TE berturu-turut sebesar 21,63 MPa., 39,13 Mpa., 41,54 MPa., 55,98 MPa., dan 94,35 MPa. Sedangkan untuk kuat lentur sampel LA, LB, LD, dan LE berturu-turut sebesar 59, 89 MPa., 119,78 Mpa., 122,89 MPa., 204,08 MPa., dan 256,12 MPa. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa nilai kekuatan lentur komposit relatif naik seiring dengan bertambahnya volume serat kaca. Kemudian hasil dari uji statistik yang dilakukan didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara komposit serat rami dan komposit hibridisasi serat rami dan serat kaca.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komposit, Hibridisasi, Serat, Sifat Mekanik, Uji Statistik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Nov 2023 23:48
Last Modified: 20 Nov 2023 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43497

Actions (login required)

View Item View Item