PEMANFAATAN KOREKSI BIAS DATA HUJANSATELITPADA PERHITUNGAN KEBUTUHAN AIRIRIGASI (STUDI KASUS DAERAH IRIGASI PANDANDURI SUWANGI)UTILIZATION OF SATELLITE RAINFALL DATABIASCORRECTION IN IRRIGATION WATER DEMANDCALCULATIONS (A CASE STUDY OF THE PANDANDURISUWANGI IRRIGATION AREA)

DARUJATI GADING, PRAKOSO (2023) PEMANFAATAN KOREKSI BIAS DATA HUJANSATELITPADA PERHITUNGAN KEBUTUHAN AIRIRIGASI (STUDI KASUS DAERAH IRIGASI PANDANDURI SUWANGI)UTILIZATION OF SATELLITE RAINFALL DATABIASCORRECTION IN IRRIGATION WATER DEMANDCALCULATIONS (A CASE STUDY OF THE PANDANDURISUWANGI IRRIGATION AREA). S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS DARUJATI GADING PRAKOSO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Darujati Gading Prakoso.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Perubahan pola curah hujan yang tidak dapat diprediksi denganpasti menjadi salah satu tantangan utama dalam wilayah tropis seperti Indonesia. Musim hujan sering kali mundur dari yang seharusnya, memengaruhi berbagai sektor penting seperti pertanian, pengairan, dan infrastruktur. Kualitas data hujanobservasi di Indonesia juga merupakan masalah yang memerlukan perhatianserius, dengan kurangnya tenaga pengamat dan sistem pengamatan yang masihmanual. Dalam situasi ini, penggunaan prakiraan curah hujan, terutama yangbersifat real-time, menjadi semakin penting untuk mengatasi kendala dalampengumpulan data hujan dan memberikan informasi yang akurat untukpengelolaan sumber daya air dan sektor-sektor terkait. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menguji pemodelan dan pengaruhnya terhadaptingkat kesalahan dengan memanfaatkan prakiraan hujan real-time, dengan fokuskebutuhan air irigasi pada daerah irigasi Pandanduri-Suwangi di wilayah sungai Lombok. Tahap awal dari penelitian ini adalah melakukan pengujian statistik(uji ketidakadaan trend, uji stasioner dan uji presistensi) terhadap hujan realisasi di pulau Lombok. Berdasarkan hasil pengujian statistik data hujan bulanan adalahdata hujan yang handal dan dapat dilanjutkan pada analisis hidrologi lanjutan. Berikutnya adalah membuat pemodelan dengan menggabungkan data hujanrealisasi dan data satelit menggunakan metode regresi berganda dengan tingkat korelasi yang cukup tinggi yaitu 0,99 (sangat tinggi) dan tingkat kesalahanbervariasi yaitu 140-49 (sedang-sangat kecil). Selanjutnya pada penelitianini adalah menghitung kebutuhan air irigasi di daerah irigasi (DI) Pandanduri (3012ha) dan Suwangi (3113 ha) selama periode Oktober 2021-Desember 2022. Kebutuhan air maksimum pada daerah irigasi Pandanduri-Suwangi terjadi padapada periode Maret awal 2022 masing-masing dengan 5761,1 lt/dt dan 6615,9lt/dt. Periode November akhir 2021 dan November awal 2022 kebutuhan air padamasing-masing DI adalah 0 lt/dt, hal ini diakibatkan oleh kebutuhan air sudahterpenuhi oleh hujan. Untuk pola tata tanam (Padi-Padi-Palawija) musimtanamIIII berturut-turut adalah pertengahan Februari 2022, pertengahan Juni 2022danSeptember akhir 2022.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): curah hujan, pemodelan, DI Pandanduri-Suwangi, kebutuhanair irigasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Nov 2023 23:48
Last Modified: 20 Nov 2023 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43499

Actions (login required)

View Item View Item