PENGENDALIAN LIMPASAN PERMUKAAN DENGAN KONSEP EKODRAINASE DI PERUMAHAN GRAND MUSLIM KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT Surface Runoff Control Using The Eco Drainage Concept In Grand Muslim Housing Labuapi District West Lombok District

SETYA, WATI (2023) PENGENDALIAN LIMPASAN PERMUKAAN DENGAN KONSEP EKODRAINASE DI PERUMAHAN GRAND MUSLIM KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT Surface Runoff Control Using The Eco Drainage Concept In Grand Muslim Housing Labuapi District West Lombok District. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A01157-SETYAWATI-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perumahan Grand Muslim terletak di Kecamatan Labuapi, peningkatan pemukiman perumahan yang terus berkembang mengakibatkan berkurangnya daerah resapan air hujan, akibat daerah yang ditutupi oleh perkerasan semakin luas sehingga menyebabkan berkurangnya kemampuan tanah untuk meresapkan air. Untuk menanggulangi permasalahan meningkatnya limpasan aliran permukaan dan kekeringan khususnya di kawasan perumahan Grand Muslim adalah dengan menerapkan sistem drainase berwawasan lingkungan. Salah satu konsep drainase berwawasan lingkungan yang bisa diterapkan pada perumahan adalah sumur resapan. Memadukan sumur resapan dengan drainase perumahan menjadi salah satu alternatif yang efektif untuk mengurangi limpasan aliran permukaan. Pengaliran air yang terkendali dan semakin bertambahnya air hujan yang meresap kedalam tanah, maka kondisi air tanah yang semakin baik dapat memberikan manfaat kepada penduduk. Analisis yang dilakukan terdiri dari analisis hidrologi untuk mendapatkan volume andil banjir dan analisis hidrolika untuk mendapatkan dimensi dan kapasitas sumur resapan. Hasil analisis hidrologi didapatkan volume andil banjir sebesar 7,347 m³ s/d 10,496 m³. Kemudian hasil analisis hidrolika didapatkan volume yang dapat ditampung sumur resapan sebesar 0,785 m³ dengan kedalaman 1 m. Dari hasil perencanaan dimensi dan tampungan sumur resapan ini didapatkan pengurangan debit total sebesar 0,3233 m³/det dari 2,1017 m³/det menjadi 1,7783 m³/det, atau dengan efektifitas sebesar 15,38 % dan dengan total rencana anggaran biaya sebesar Rp. 1.934.218.589,- (Satu Milyar Sembilan Ratus Tiga Puluh Empat Juta Dua Ratus Delapan Belas Ribu Lima Ratus Delapan Puluh Sembilan Rupiah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Limpasan, Ekodrainase, Sumur Resapan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Nov 2023 23:48
Last Modified: 20 Nov 2023 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43503

Actions (login required)

View Item View Item