ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND DETERMINING CONTROL (HIRADC) PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT (Studi Kasus: Gedung Parkir & Mall Extension Lombok Epicentrum Mall) The Risk Analysis of Occupational Health and Safety (OHS) Using Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control (HIRADC) Method at a High-Rise Building Project (Case Study: Parking Building & Mall Extension of Lombok Epicentrum Mall)

Baiq Zannurrainil, Izzah (2023) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND DETERMINING CONTROL (HIRADC) PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT (Studi Kasus: Gedung Parkir & Mall Extension Lombok Epicentrum Mall) The Risk Analysis of Occupational Health and Safety (OHS) Using Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control (HIRADC) Method at a High-Rise Building Project (Case Study: Parking Building & Mall Extension of Lombok Epicentrum Mall). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A017030-Baiq Zannurrainil Izzah-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
F1A017030-Baiq Zannurrainil Izzah-Artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proyek konstruksi merupakan industri yang kompleks dan sulit karena dalam pelaksanaannya melibatkan tenaga manusia maupun mesin sehingga mengakibatkan tingginya potensi risiko kecelakaan yang dimiliki, menempatkannya sebagai peringkat utama terjadinya kecelakaan kerja. Mengingat potensi bahaya yang ada hampir di seluruh tempat kerja, maka perlu dilakukan sebuah usaha untuk mencegah dan meminimalisir risiko yang mungkin akan terjadi. Salah satu metode analisis risiko dalam manajemen risiko K3 untuk meminimalisir dampak risiko tersebut adalah HIRADC dengan melakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian risiko. Penelitian ini dilaksanakan pada proyek Gedung Parkir & Mall Extension Lombok Epicentrum Mall, pembangunan gedung 5 lantai yang termasuk klasifikasi gedung tingkat sedang dengan risiko bahaya tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi bahaya pada proyek, menilai risiko yang ditimbulkan, dan merancang upaya pengendalian risiko untuk mengurangi bahkan menghilangkan risiko. Data penelitian didapatkan melalui dua cara yaitu, wawancara dan studi literatur untuk mengidentifikasi potensi bahaya, dan kuesioner untuk menentukan nilai keparahan (severity) dan kemungkinan (likelihood), yang menghasilkan klasifikasi risiko rendah (low), sedang (medium), tinggi (high), dan sangat tinggi (very high) berdasarkan standar AS/NZS 4360:2004. Bentuk pengendalian risiko mengikuti hirarki kontrol menurut National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH). Hasil analisis dari penelitian ini yaitu, didapatkan identifikasi 281 potensi bahaya pada 9 pekerjaan. Dimana sebanyak 119 potensi bahaya termasuk risiko rendah, 133 termasuk risiko sedang, dan 29 termasuk risiko tinggi. Pengendalian risiko yang dapat dilakukan yaitu, pengendalian teknik (engineering controls), pengendalian administratif (administrative controls), dan penggunaan APD (PPE).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Risiko, HIRADC, Konstruksi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Nov 2023 23:49
Last Modified: 20 Nov 2023 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43507

Actions (login required)

View Item View Item