ANALISIS TINGKAT KERENTANAN PESISIR PANTAI DENGAN METODE COASTAL VULNERABILITY INDEX (CVI) DI WILAYAH KECAMATAN BATULAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis of Coastal Vulnerability Index (CVI) Method in Coastline of Batulayar District West Lombok Regency

RIZKA, HANIFA (2023) ANALISIS TINGKAT KERENTANAN PESISIR PANTAI DENGAN METODE COASTAL VULNERABILITY INDEX (CVI) DI WILAYAH KECAMATAN BATULAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis of Coastal Vulnerability Index (CVI) Method in Coastline of Batulayar District West Lombok Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
4 F1A018151-Rizka Hanifa-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
2 F1A018151-Rizka Hanifa-Artikel.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Potensi pesisir pantai di Kecamatan Batulayar banyak dimanfaatkan sebagai objek pariwisata, pemukiman dan industri. Keberagaman fungsi wilayah pesisir pantai ini dapat menimbulkan permasalahan seperti perubahan morfologi pantai, terjadinya erosi dan akresi, serta pertumbuhan penduduk dan mata pencaharian di daerah pesisir yang mengakibatkan meningkatnya tingkat kerentanan pesisir terhadap bahaya kerusakan di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi kerentanan pesisir Pantai Batulayar menggunakan metode CVI (Coastal Vulnerability Index) dengan memperhitungkan kondisi geomorfologi pantai, perubahan garis pantai, kemiringan pantai, lebar sabuk hijau (greenbelt) di daerah pesisir pantai, tinggi gelombang, kenaikan muka air laut, penggunaan lahan, dan pasang surut air laut. Nilai Coastal Vulnerability Index (CVI) untuk masing-masing pantai di Batulayar adalah Pantai Tanjung Bias sebesar 61,237, Pantai Melase Batulayar sebesar 61,237, Pantai Duduk sebesar 43,301, Pantai Batu Bolong sebesar 35,77, Pantai Loco sebesar 55,902 dan Pantai Senggigi sebesar 55,902. Hal ini menunjukkan bahwa daerah pantai di kecamatan Batulayar memiliki rata-rata tingkat kerentanan yang tinggi, sehingga dalam penentuan prioritas penangan yang bisa dilakukan berdasarkan hasil CVI ialah mengurutkan prioritas penangan untuk pantai yang memiliki tingkat kerentanan tinggi hingga rendah (Tanjung Bias-Melase Batulayar-Loco-Senggigi-Duduk-BatuBolong). Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan berdasarkan hasil analisis ialah melakukan penanaman tanaman tumbuhan bakau disekitar pantai, pengelolaan tata letak penggunaan lahan sekitar pantai, dan memberikan informasi serta pelatihan mitigasi untuk masyarakat yang tinggal disekitar pantai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CVI (Coastal Vulnerability Index), kerentanan, pesisir
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Nov 2023 23:49
Last Modified: 20 Nov 2023 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43508

Actions (login required)

View Item View Item