ANALISIS POLA DISTRIBUSI HUJAN JAM-JAMAN DI DAS KELONGKONG REMENING Analysis of Hourly Rainfall Distribution Patterns In the Kelongkong Remening Watershed

SERINA AYU, LESTARI (2023) ANALISIS POLA DISTRIBUSI HUJAN JAM-JAMAN DI DAS KELONGKONG REMENING Analysis of Hourly Rainfall Distribution Patterns In the Kelongkong Remening Watershed. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Serina Ayu Lestari-F1A117037.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel-Serina Ayu Lestari-F1A117037.PDF.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Perencanaan bangunan air didasarkan pada debit banjir rencana dengan periode ulang tertentu. Dalam perhitungan banjir rencana, diperlukan masukan data berupa hujan rencana yang terdistribusi kedalam hujan jam-jaman. Untuk mengubah hujan rencana ke dalam besaran hujan jam-jaman diperlukan suatu pola untuk mendistribusikannya. Studi ini bertujuan untuk memperoleh pola distribusi hujan jamjaman bagi daerah aliran sungai Kelongkong Remening. Penelitian ini menguji penggunaan metode Mononobe, Alternating Block Methode (ABM), Triangular Hyetograph Method (THM) dan Tadashi Tanimoto pada DAS Kelongkong Remening. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan pola distribusi hujan jam-jaman hasil perhitungan metode empiris terhadap pola distribusi hujan metode observasi, berdasarkan nilai RMSE (Root Mean Square Error) dan NSE (Nash-Sutcliffe Efficiency). Hasil yang diperoleh menyimpulkan bahwa hujan yang terjadi di DAS Kelongkong Remening didominasi oleh kejadian hujan 1 jam dengan kejadian hujan 1.300 kejadian. Pendistribusian hujan pada durasi hujan 8 jam menyerupai pola distribusi metode ABM dengan nilai NSE 0,45 dan tidak ada metode empiris yang menyerupai metode pengamatan durasi hujan 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 jam, yang ditunjukkan dengan nilai NSE ≤ 0,36 yaitu antara -770.91 sampai 0.17.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pola distribusi hujan, hujan jam-jaman, metode empiris, metode observasi, DAS Kelongkong Remening.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:17
Last Modified: 21 Nov 2023 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43511

Actions (login required)

View Item View Item