TEKNIK KOMUNIKASI BKKBN KABUPATEN LOMBOK BARAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI PADA REMAJA (STUDI KASUS KECAMATAN GUNUNG SARI)

Herlinda Augie, Pangesty (2023) TEKNIK KOMUNIKASI BKKBN KABUPATEN LOMBOK BARAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI PADA REMAJA (STUDI KASUS KECAMATAN GUNUNG SARI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Augie New 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Herlinda Augie Pangesty_Jurnal_Skripsi.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Pernikahan dini merupakan fenomena sosial yang sampai saat ini menjadi permasalahan secara nasional. Dari sekian banyak provinsi di Indonesia, NTB merupakan salah satu provinsi yang banyak melakukan praktek pernikahan dini. Jika dirunutkan lagi, maka Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu Kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang masyarakatnya masih banyak melakukan pernikahan dini. Banyaknya kasus pernikahan dini ini menjadi perhatian bersama, sehingga diperlukan teknik-teknik komunikasi yang dilakukan oleh BKKBN agar dapat mencegah terjadinya pernikahan dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik-teknik komunikasi yang digunakan oleh pihak BKKBN Lombok Barat dalam upaya mencegah terjadinya pernikahan dini pada remaja dengan mengambil studi kasus di Kecamatan Gunung Sari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua teknik komunikasi yang digunakan oleh pihak BKKBN dalam mencegah terjadinya pernikahan dini di Kecamatan Gunung Sari yaitu teknik komunikasi persuasif dan teknik komunikasi informatif. Teknik-teknik komunikasi tersebut memuat unsur-unsur komunikasi yang terdiri dari komunikator dari pihak BKKBN, komunikan yaitu orang tua dan remaja, bentuk pesan yang disampaikan yaitu informatif dan persuasif, media menggunakan media online, konvensional, power poin, dan alat peraga, tidak ditemukan noise pada saat proses komunikasi, dan yang terakhir yaitu teknik komunikasi tersebut memberikan efek secara kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik Komunikasi, BKKBN Lombok Barat, Pernikahan Dini
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:17
Last Modified: 21 Nov 2023 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43512

Actions (login required)

View Item View Item