TRADISI PEMBUATAN BUBUR PUTEQ DAN NILAI KEBERSAMAAN YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA (Studi Di Desa Songak Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur)

Lili, Suryani (2023) TRADISI PEMBUATAN BUBUR PUTEQ DAN NILAI KEBERSAMAAN YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA (Studi Di Desa Songak Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WISUDA LILI SURYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
-ARTIKEL LILI SURYANI-.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tradisi pembuatan bubur puteq dan nilai kebersamaan yang terkandung di dalamnya, di tinjau dari: 1) proses pelaksanaan tradisi pembuatan bubur puteq dan 2) bentuk nilai kebersamaan dalam tradisi pembuatan bubur puteq. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian informan penelitian diambil secara purposive, yakni menentukan informan berdasarkan kriteria tertentu, Pada bagian akhir, data dianalisis menggunakan teknik analisis etnografi dengan model spardly menggunakan domain dan taksonomi. Adapun hasil dari penelitian terkait proses pelaksanaan tradisi pembuatan bubur puteq yaitu: (1) tahapan persiapan antara lain berulem dan gundem, (2) tahapan pelaksana diantaranya piaq taring dan piaq bubur dan (3) tahapan penutup diantaranya mensilak dan bagiq bubur. Mengenai bentuk nilai kebersamaan yang dihasilkan dari tardisi pembuatan bubur puteq yaitu: (1) solidaritas, (2) kerjasama, (3) toleransi dan (4) gotong royong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tradisi Pembuatan Bubur Puteq, Nilai Kebersamaan
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:17
Last Modified: 22 Nov 2023 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43514

Actions (login required)

View Item View Item