ANALISIS DISTRIBUSI SPASIAL CURAH HUJAN UNTUK PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH Analysis of Spatial Distribution of Rainfall for Mapping Flood Hazard Areas in Central Lombok District

LALU ARDY, ATMUSANI (2023) ANALISIS DISTRIBUSI SPASIAL CURAH HUJAN UNTUK PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH Analysis of Spatial Distribution of Rainfall for Mapping Flood Hazard Areas in Central Lombok District. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A017080-Lalu Ardy Atmusani-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
F1A017080-Lalu Ardy Atmusani-Artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu daerah yang termasuk dalam kategori rawan banjir. Selain faktor curah hujan, factor lain juga diduga menjadi penyebab terjadinya banjir adalah penggunaan lahan yang tidak sesuai fungsinya, kemiringan lereng, jenis tanah di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, ketinggian lahan, atau meluapnya sungai. Untuk memberikan informasi terkait bencana banjir yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah sangat diperlukan pemetaan tentang daerah yang mempunyai kerawanan banjir.Dalam menganalisis pembuatan peta daerah rawan banjir digunakan bantuan perangkat lunak ArcGIS 10.8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembobotan dan skoring terhadap setiap parameter-parameter faktor kerawanan banjir. Setiap parameter akan dilakukan proses penilaian dengan pemberian bobot dan skor sesuai dengan klasifikasinya masing-masing. Kemudian dilakukan overlay irisan untuk seluruh peta parameter kerawanan banjir. Hasil analisis yang diperoleh berupa peta daerah rawan banjir Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki 4 tingkat kerawanan. Tingkat kerawanan tersebut diklasifikasikan menjadi sangat rawan, rawan, cukup rawan, dan tidak rawan. Tingkat sangat rawan banjir memiliki luas daerah 198,45 Km2 (17,14%), tingkat rawan banjir memiliki luas daerah 608,95 Km2 (52,60%), tingkat cukup rawan banjir memiliki luas 272,51 Km2 (23,54%), dan tingkat tidak rawan memiliki luas terkecil yaitu 77,74 Km2 (6,72%) dari total luas wilayah Kabupaten Lombok Tengah sebesar 1166,08 Km2 .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): curah hujan, distribusi spasial, banjir, skoring, overlay
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:18
Last Modified: 22 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43516

Actions (login required)

View Item View Item