PENERAPAN JAMSTACK ARCHITECTURE PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK BRIDA NTB

AGUNG DWITATWA, ACHMADI (2023) PENERAPAN JAMSTACK ARCHITECTURE PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK BRIDA NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir 2 - Agung Dwitatwa Achmadi .pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Digitalisasi pelayanan publik di Indonesia telah dilakukan oleh lembaga pemerintahan, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB. BRIDA NTB bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (BAKESBANGPOLDAGRI) untuk memberikan pelayanan izin penelitian. Namun, aplikasi website yang digunakan saat ini memiliki beberapa kekurangan dalam hal keamanan, performa, responsifitas, dan kemudahan pengembangan. Solusi yang diusulkan adalah menerapkan arsitektur JAMStack yang memberikan keunggulan dalam kemanan, peningkatan performa, efisiensi biaya, dan skalabilitas pengembangan. Selain itu, terdapat keterbatasan dalam rincian data penelitian yang menghambat proses validasi. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan perancangan dan pembangunan sistem baru dengan menerapkan arsitektur JAMStack dan penyesuaian sesuai kebutuhan. Metode fountain dipilih sebagai kerangka acuan dalam pembangunan sistem ini karena memberikan fleksibilitas yang sulit dicapai oleh metode waterfall. Untuk melihat persentese kesuksesan penerapan arsitektur ini, peneliti melakukan pengujian menggunakan metode blackbox testing dan user acceptance testing (UAT). Dari hasil pengujian menggunakan metode blackbox testing didapati bahwa semua fitur yang terdapat pada sistem dapat berjalan dengan baik. Lalu hasil pengujian menggunakan UAT dari total 20 responden didapatkan hasil sebesar 86 % pada sisi admin dan 84,51 % pada sisi pengguna dari mahasiswa dan masyarakat umum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Arsitektur JAMStack, Client Side Rendering (CSR), Static Site Generation (SSG), Javascript, Nextjs.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:18
Last Modified: 22 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43525

Actions (login required)

View Item View Item