KERAGAMAN HAMA LALAT BUAH (Diptera: Tephritidae) PADA TANAMAN CABAI BESAR (Capsicum annuum L.) DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Sri, Rahmawati (2023) KERAGAMAN HAMA LALAT BUAH (Diptera: Tephritidae) PADA TANAMAN CABAI BESAR (Capsicum annuum L.) DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sri Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Sri Rahmawati.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman spesies lalat buah pada pertanaman cabai besar di Kabupaten Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survei di lapangan dengan mengoleksi spesimen. Lokasi penelitian dilakukan di pertanaman cabai besar milik petani yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Hasil penelitian ditemukan enam sepsies lalat buah yaitu Bactrocera umbrosa, Bactrocera kandiensis, Bactrocera dorsalis, Bactrocera musae, Bactrocera carambolae, dan Bactrocera opiliae. Keragaman spesies hama lalat buah sebesar H' = 1,23, yang dikategorikan sedang dengan kelimpahan tertinggi ditemukan pada spesies Bactrocera dorsalis sebesar 52,25%, diikuti dengan spesies Bactrocera umbrosa sebesar 27,02% dan spesies Bacrtocera opiliae sebesar 10,58%. Spesies Bactrocera dorsalis, Bactrocera umbrosa, dan Bactrocera opiliae merupakan spesies yang mendominasi. Ratarata intensitas serangan hama lalat buah yaitu sebesar 7,80 2,02.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): cabai besar (Capsicum annuum L.); keragaman; lalat buah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:18
Last Modified: 22 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43529

Actions (login required)

View Item View Item