IMPLEMENTASI METODE ENERGY SUPPORTED PADA PROTOKOL ROUTING AOMDV DALAM MENCARI RUTE BERDASARKAN TINGKAT ENERGI NODE UNTUK MEMPERPANJANG UMUR JARINGAN

ARDHA NAUFAL, HERDYANSAH (2023) IMPLEMENTASI METODE ENERGY SUPPORTED PADA PROTOKOL ROUTING AOMDV DALAM MENCARI RUTE BERDASARKAN TINGKAT ENERGI NODE UNTUK MEMPERPANJANG UMUR JARINGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARDHA NAUFAL FULL ACC .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Ardha Naufal_F1D019010.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Mobile Ad Hoc Network (MANET) adalah suatu jaringan nirkabel (tanpa kabel) yang terdiri dari sejumlah perangkat (node) dan tidak memiliki infrastruktur yang tetap. Node pada MANET akan selalu bergerak bebas ke segala arah sehingga dibutuhkan protokol routing untuk mengontrol suatu node yang terhubung dengan node lainnya pada jaringan. Protokol routing yang digunakan sebagai objek penelitian ini adalah protokol routing AOMDV (Ad Hoc On Demand Multipath Distance Vector). Protokol AOMDV dimodifikasi dan ditambahkan dengan algoritma EN (Energy Supported) untuk meningkatkan kehandalan rute. Tujuan nya yaitu untuk menemukan rute yang handal berdasarkan tingkat energi node dengan menggunakan portokol AOMDV yang sudah diterapkan algoritma EN (Energy Supported) dalam memperpanjang umur jaringan. Cara kerja metode EN (Energy Supported) adalah ketika jalur routing sudah ditemukan dari node sumber ke node tujuan, metode ini akan mengecek energi pada tiap node yang dilalui oleh paket. Banyaknya proses transmisi yang dilakukan mengakibatkan energi pada node terus berkurang. Algoritma EN akan memilih node dengan nilai energi yang terbaik. Node dengan nilai energi yang rendah akan di kesampingkan terlebih dahulu agar tidak ada terjadi rute yang putus. Pada penelitian ini kinerja protokol routing AOMDV akan dibandingkan dengan protokol routing EN-AOMDV. Hasil analisa menunjukkan penerapan algoritma EN (Energy Supported) dalam efisiensi pencarian rute berhasil meningkatkan kinerja. Hasil rata-rata nilai Throghput pada protokol EN-AOMDV mengalami peningkatan sebesar 6,63%. Nilai rata-rata Packet Delivery Ratio meningkat sebesar 7,27%. Nilai Average End to End Delay menurun sebesar 0,029% dan Average Residual Energy meningkat sebesar 7,34%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): MANET, AOMDV, Energy Supported, EN-AOMDV, Protokol Routing
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:18
Last Modified: 22 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43531

Actions (login required)

View Item View Item