PERANCANGAN SISTEM MONITORING ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266 DAN PZEM-004T UNTUK MENGONTROL PENGGUNAAN LISTRIK

Yusnadi Faizin, Rahman (2023) PERANCANGAN SISTEM MONITORING ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266 DAN PZEM-004T UNTUK MENGONTROL PENGGUNAAN LISTRIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir 2_Yusnadi_Faizin_Rahman_F1D017092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
journal_TA2_Yusnadi_Faizin_Rahman_F1D017092.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat saat ini sebagai sumber daya ekonomis yang paling utama. Penggunaan energi listrik pada sektor rumah tangga mencapai 50,80% pada 2020 dari total keseluruhan listrik yang dikonsumsi di Indonesia setiap bulannya. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan energi listrik secara berlebihan yang dapat menyebabkan tagihan listrik membengkak. Dibutuhkan sebuah alat yang dapat memonitor dan mengontrol dari jauh (berbasis IoT) terkait penggunaan barang elektronik yang membutuhkan energi listrik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat penelitian yang berjudul “Perancangan Sistem Monitoring Energi Listrik Menggunakan NodeMCU ESP8266 dan PZEM-004T Untuk Mengontrol Penggunaan Listrik”. Sistem monitoring penggunaan energi listrik ini akan dibuat dalam sebuah alat terminal stop kontak yang dapat menampilkan penggunaan daya listrik yang terpakai dalam sebuah modul, selain itu terminal stop kontak ini juga dapat tersambung dengan internet sehingga pengguna dapat melihat penggunaan energi listrik dalam ThingSpeak, website. Alat dan bahan yang dibutuhkan merancang sistem monitoring dan kontroling : Laptop, modul NodeMCU ESP8266, sensor PZEM-004T, Rlay, Oled, Terminal listrik, Stekker dan kabel jumper. Berdasarkan pengujian dengan metode blackbox sistem dapat melakukan monitoring dan kontroling penggunaan energi berjalan dengan baik. Penggunaan daya listrik yang digunakan oleh suatu alat elektonik bisa berbeda antara daya listrik yang tertera dan konsumsi daya listrik yang sebenarnya digunakan. Hal itu bisa saja disebabkan oleh perbedaan keterangan konsumsi daya yang tertera dengan konsumsi daya listrik yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ThingSpeak, NodeMCU ESP8266, PZEM-004T, IoT, monitoring energi listrik.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:18
Last Modified: 22 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43535

Actions (login required)

View Item View Item