PENGARUH FRAKSI BERAT DAN JENIS KERTAS TERHADAP KEKUATAN IMPAK DAN TARIK KOMPOSIT PVAC SEBAGAI BAHAN BODI MOBIL DARI LIMBAH KERTAS

ALIEF, JULIDIO (2023) PENGARUH FRAKSI BERAT DAN JENIS KERTAS TERHADAP KEKUATAN IMPAK DAN TARIK KOMPOSIT PVAC SEBAGAI BAHAN BODI MOBIL DARI LIMBAH KERTAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALIEF BAB I - V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Paper Skripsi - Alief Julidio.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri otomotif pada saat ini mengalami banyak kemajuan ditandai dengan barbagai tipe engine, sedangkan di sisi lain kemajuan itu dapat dilihat dari banyaknya industri karoseri dengan berbagai produk dan tipe bentuk bodi yang direncanakan.Perkembangan teknologi karoseri bodi kendaraan banyak ditentukan oleh bentuk yang aerodinamis, bentuk yang elegan dan unsur estetika, setiap jenis kendaraan selalu mengeluarkan berbagai macam bentuk dan aksesorisnya, dan memacu kreatifitas engine bodi untuk berkreasi.Penelitian ini dilakukan untuk mengolah kembali limbah kertas menjadi bahan komposit dengan mencampur lem putih PVAc dan kertas bekas yang diharapkan menghasilkan produk komposit baru. Produk komposit baru ini nantinya yang akan diinovasi menjadi bahan pembuatan bodi mobil yang akan di uji kekuatan impak dan uji tarik dengan perbandingan campuran kertas dan lem PVAc 3,5 kg kertas : 1 kg lem , 3 kg : 1 kg dan 2,5 kg : 1 kg.Hasil penelitian menunjukan bahwa Fraksi berat tidak terlalu berpengaruh terhadap kekuatan impak dan tarik karena pada uji impak dari 3 campuran yaitu 2,5 : 1 , 3 : 1 , dan 3,5 : 1 , pada variasi kertas HVS kekuatan impak tertinggi terdapat pada campuran 3 : 1 sebesar 0,027398 J/mm2 dan terendah terdapat pada campuran 3,5 : 1 sebesar 0,010552 J/mm2 , serta pada variasi kertas koran kekuatan impak tertinggi terdapat pada campuran 2,5 : 1 sebesar 0,02215 J/mm2 dan terendah terdapat pada campuran 3,5 : 1 sebesar 0,009068 J/mm2 , begitupun pada uji tarik dari 3 campuran yaitu 2,5 : 1 , 3 : 1 , dan 3,5 : 1 , pada variasi kertas HVS kekuatan tarik tertinggi terdapat pada campuran 2,5 : 1 sebesar 18,644 Mpa, dan terendah terdapat pada campuran 3,5 : 1 sebesar 10,816 Mpa, serta pada variasi kertas koran kekuatan impak tertinggi terdapat pada campuran 3 : 1 sebesar 19,423 Mpa dan terendah terdapat pada campuran 3,5 : 1 sebesar 14,850 Mpa. Dapat di simpulkan bahwa kenaikan dan penurunan pada fraksi berat menghasilkan nilai kekuatan impak dan tarik yang tidak konstan pada tiap perlakuannya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fraksi berat, komposit, limbah, kertas, uji impak, uji tarik, PVAc, bodi mobil
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:18
Last Modified: 22 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43537

Actions (login required)

View Item View Item