PENGARUH VARIASI JUMLAH PIPA TERHADAP LAYANAN IRIGASI PADA SISTEM IRIGASI TETES BERTINGKAT The Influence of Pipe Quantity Variation on Irrigation Service in a Tiered Drip Irrigation System

Ketut, Arkuta (2023) PENGARUH VARIASI JUMLAH PIPA TERHADAP LAYANAN IRIGASI PADA SISTEM IRIGASI TETES BERTINGKAT The Influence of Pipe Quantity Variation on Irrigation Service in a Tiered Drip Irrigation System. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A019078-Ketut Arkuta-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
F1A019078-Ketut Arkuta-Artikel.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan pangan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan urbanisasi yang terus berkembang, ditambah lagi dengan alih fungsi tata guna lahan dari pertanian menjadi permukiman yang semakin marak terjadi. Salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan adalah dengan mengembangkan pertanian perkotaan atau urban farming pada lahan terbatas. Pertanian dengan sistem irigasi tetes bertingkat, dapat menjadi alternatif yang efektif untuk memenuhi kebutuhan pangan di perumahan sekaligus menjadi support produksi bahan pangan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai keseragaman irigasi pada irigasi tetes sistem bertingkat yang menggunakan variasi jumlah pipa pada setiap lantai, mengetahui distribusi volume yang diberikan pada setiap pipa, mengetahui pengaruh variasi jumlah pipa optimal yang diberikan terhadap kelengasan tanah. Lahan penelitian berukuran 4 m x 2 m x 2,95 m dengan 4 tingkat dengan jarak antar lantai 0,7 m, kapasitas tandon air yang digunakan 200 liter dan 150 liter,pipa lateral yang digunakan PVC ½ inch menggunakan emitter 4l/hr. Data yang dianalisis yaitu distribusi volume tetesan, keseragaman tetesan, kelengasan tanah. Hasil penelitian menunjukan bahwa diantara semua variasi yang diujikan keseragaman tetesan variasi pipa 3 memiliki nilai yang paling tinggi dengan kriteria keseragaman tiap lantai sangat baik dengan nilai CU rata-rata diatas 94%, untuk distribusi volume tetesan mengalami penurunan pada tiap variasi pipa, hasil lengas tanah yang diujikan dengan durasi irigasi 5 menit, 10 menit, 15 menit dan 20 menit didapatkan bahwa durasi irigasi yang diberikan untuk lengas tanah berada diatas kapasitas lapang dengan waktu pengamatan 72 jam setelah pemberian air irigasi yaitu dengan durasi 20 menit. Kadar kadar lengas tanah sebelum irigasi yaitu kisaran 13%-27% sedangkan setelah pemberian irigasi pada setiap lantai berbeda dimana di lantai 1 memiliki kadar lengas yang lebih besar dengan kisaran 21%-50% sedangkan kadar lengas di lantai 4 paling sedikit dengan kisaran 13%-40%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Debit, Irigasi tetes, Keseragaman, Lengas tanah
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:18
Last Modified: 22 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43546

Actions (login required)

View Item View Item