PENGARUH PENGGUNAAN FLY ASH DAN MASTIK ASBUTON SEBAGAI FILLER TERHADAP NILAI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL BUBUR (SLURRY SEAL)

Arya, Firmansyah (2023) PENGARUH PENGGUNAAN FLY ASH DAN MASTIK ASBUTON SEBAGAI FILLER TERHADAP NILAI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL BUBUR (SLURRY SEAL). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A019021-Arya Firmansyah-Skripsi..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
F1A019021-Arya Firmansyah-Artikel.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Slurry seal dibutuhkan sebagai pelapis dalam preservasi perkerasan lentur yang berfungsi sebagai treatment preventif dalam kerusakan jalan. Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan campuran slurry seal dengan filler fly ash dan mastik Asbuton. Fly ash merupakan limbah dari PLTU yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi limbah dengan dijadikan sebagai filler. Jumlah deposit Asbuton di Indonesia mencapai 650 juta ton sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin salah satunya dengan dijadikan filler.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik slurry seal (konsistensi dan setting time) dan performanya sebagai perkerasan struktur dengan uji Marshall. Variasi penggunaan filler fly ash dan mastik Asbuton dengan perbandingan berturut-turut (100%:0%), (75%:25%), (50%:50%), (25%:75%), (0%:100%) dan kadar aspal emulsi sebanyak 13% dari berat total agregat. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan besarnya kadar air berdasarkan uji konsistensi, waktu pemantapan, dan nilai karakteristik Marshall. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan kadar air 9% didapatkan konsistensi optimum pada semua variasi filler. Nilai waktu pemantapan semakin bertambah seiring bertambahnya penggunaan filler mastik Asbuton hal ini dikarenakan filler fly ash memiliki nilai penyerapan air sebesar 0.47% sedangkan filler mastik Asbuton hanya memiliki nilai penyerapan air sebesar 0.15%. Nilai stabilitas, flow, MQ, VMA dan VIM mengalami penurunan sedangkan nilai VFA mengalami kenaikan seiring bertambahnya filler mastik Asbuton. Berdasarkan hasil pengujian Marshall campuran slurry seal dicoba diaplikasikan sebagai perkerasan jalan, sehingga dapat disimpulkan bahwa campuran slurry seal tidak memenuhi spesifikasi untuk diaplikasikan sebagai perkerasan jalan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Slurry Seal, Fly Ash, Mastik Asbuton, Karakteristik Slurry Seal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:19
Last Modified: 22 Nov 2023 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43548

Actions (login required)

View Item View Item