PENGARUH KEMACETAN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MINYAK PADA RUAS JALAN DI KOTA MATARAM (THE EFFECT OF CONGESTION ON FUEL OIL CONSUMPTION ON ROADS IN MATARAM CITY)

I NENGAH AGUS, PURNATA (2023) PENGARUH KEMACETAN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MINYAK PADA RUAS JALAN DI KOTA MATARAM (THE EFFECT OF CONGESTION ON FUEL OIL CONSUMPTION ON ROADS IN MATARAM CITY). S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS I NENGAH AGUS PURNATA 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal I Nengah Agus Purnata.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas jalan Kota Mataram sangat dipengaruhi oleh jumlah penduduk. Besarnya jumlah penduduk di Kota Mataram menyebabkan penggunaan alat transportasi terus meningkat dan semakin menyebabkan masalah lalu lintas (kemacetan). Salah satu penyebab kemacetan adalah banyaknya penggunaan kendaraan pribadi untuk kegiatan ke sekolah, kampus, tempat kerja, pasar, maupun ke tempat kegiatan lainnya. Tanpa disadari kemacetan yang terjadi akan sangat besar dampaknya pada konsumsi bahan bakar minyak kendaraan. Sebagai studi kasus adalah Jalan Gajah Mada Mataram, Jalan Dr Wahidin Rembiga, dan Jalan Sandubaya Bertais dengan tipe jalan empat lajur dua arah terbagi (4/2D) dan dua lajur dua arah (2/2UD). Survei lalu lintas dilakukan secara manual dan metode yang digunakan untuk menganalisis kinerja ruas jalan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Analisa Konsumsi bahan bahan bakar minyak kendaraan menggunakan pedoman Bina Marga PdT-15-2005-B dan analisa pemborosan bahan bakar minyak kendaran dengan cara menentukan selisih nilai konsumsi bahan bakar minyak kodisi arus macet dan nilai konsumsi bahan bakar minyak (BBM) kondisi arus bebas. Hasil analisa mendapatkan kemacetan di Jalan Gajah Mada Mataram terjadi pada hari Senin pukul 16.00 – 17.00 dengan nilai tundaan sebesar 4,11 detik serta pemborosan BBM sebesar 36,2 liter/jam (Rp. 368.200 /jam) untuk kendaraan ringan (LV) dan 1,17 detik serta pemborosan BBM sebesar 6,72 liter/jam (Rp. 45.696 /jam) untuk kendaraan berat (HV). Kemacetan di Jalan Dr Wahidin Rembiga tertinggi terjadi pada hari Senin pukul 07.00 – 08.00 dengan nilai tundaan sebesar 38,25 detik serta pemborosan BBM sebesar 135,21 liter/jam (Rp. 1.352.100 /jam) untuk kendaraan ringan (LV) dan 43,24 detik serta pemborosan BBM sebesar 16,07 liter/jam (Rp. 109.276 /jam) untuk kendaraan berat (HV). Kemacetan di Jalan Sandubaya Bertais tertinggi terjadi pada hari Sabtu pukul 17.00 – 18.00 dengan nilai tundaan sebesar 12,33 detik serta pemborosan BBM sebesar 52,49 liter/jam (Rp. 524.900 /jam) untuk kendaraan ringan (LV) dan 13,78 detik serta pemborosan BBM sebesar 23,4 liter/jam (Rp. 159.120 /jam) untuk kendaraan berat (HV). Kemacetan disebabkan oleh peningkatan jumlah volume kendaraan pada ruas jalan yang tidak sebanding dengan kapasitas jalan sehingga menyebabkan tundaan yang berakibat terjadinya penurunan kecepatan kendaraan.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kemacetan, kinerja jalan, konsumsi BBM, Pemborosan BBM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:19
Last Modified: 23 Nov 2023 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43551

Actions (login required)

View Item View Item