KERAGAMAN SERANGGA HAMA DAN MUSUH ALAMI PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

M., Sofian (2023) KERAGAMAN SERANGGA HAMA DAN MUSUH ALAMI PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SOFIAN_FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_M._Sofian_(Agrokompleks).pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan komoditi cabai di NTB sering tidak terpenuhi dikarenakan adanya fluktuasi produksi cabai akibat serangan hama. Penelitian ini bertujuan mengetahui keragaman serangga hama dan musuh alaminya pada tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Penelitian dilakukan pada bulan Juni – September 2023 di lahan budidaya cabai rawit petani di Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, NTB dan di Laboratorium Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Rancangan percobaan dengan system bersilang pada setiap blok pengamatan. Setiap titik pengamatan dipasang dua jenis perangkap yaitu yellow trap dan pitfall trap. Perangkap dipasang secara menyilang pada masing-masing blok dan didapatkan 6 sampel pada setiap blok. Terdapat 3 blok pada lahan percobaan sehingga didapatkan 36 perangkap. Pengambilan sampel menggunakan system acak terpilih (Purposive sampling), dilakukan dengan 20 kali pengayunan secara diagonal dan pengambilan secara langsung/manual. Pengamatan dilakukan saat tanaman berumur 48 HST – 97 HST dengan interval tujuh hari sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 11 jenis spesies yang berperan sebagai hama, 14 jenis spesies yang berperan sebagai predator dan 5 jenis spesies yang berperan sebagai parasitoid. Indeks keanekaragaman pada spesies predator dan parsitoid dikategorikan sedang, sedangkan pada spesies hama dikategorikan rendah, indeks kemerataannya dikategorikan komunitas tertekan pada spesies hama yang didominasi oleh Pseudococcus sp. dan Bemisia tabaci. Pada spesies parasitoid dan spesies predator dalam indeks sedang karena setiap spesies memiliki penyebaran yang merata dengan intensitas serangan rata-rata sebesar 6.537 % dan tergolong dalam serangan tingkat ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cabai rawit, Hama, Keragaman, Musuh alami
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:19
Last Modified: 23 Nov 2023 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43556

Actions (login required)

View Item View Item