PENETAPAN KADAR FENOLIK DAN FLAVONOID TOTAL FRAKSI ETIL ASETAT EKSTRAK ETANOL DAUN MERAH KASTUBA (Euphorbia pulcherrima Willd. ex Klotzsch )

KHOLISATUN NAFILA, AZ-ZAHRO (2023) PENETAPAN KADAR FENOLIK DAN FLAVONOID TOTAL FRAKSI ETIL ASETAT EKSTRAK ETANOL DAUN MERAH KASTUBA (Euphorbia pulcherrima Willd. ex Klotzsch ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI KHOLISATUN NAFILA AZ-ZAHRO_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Draft Jurnal_Kholisatun Nafila A..pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Kastuba (Euphorbia pulcherrima Willd. ex Klotzsch) merupakan tanaman dari family Euphorbiaceae yang bermanfaat sebagai penyembuh luka, obat sakit gigi, antioksidan, dan antibakteri. Tanaman kastuba memiliki daun yang berwarna merah dan hijau. Penelitian sebelumnya melaporkan bahwa aktivitas antioksidan dengan metode DPPH pada fraksi etil asetat ekstrak etanol 96% daun merah kastuba memiliki nilai IC50 sebesar 13,67 ppm dan tergolong antioksidan sangat kuat. Aktivitas antioksidan berkaitan dengan metabolit sekunder seperti fenolik dan flavonoid. Namun kandungan senyawa fenolik dan flavonoid total pada daun merah kastuba belum diketahui kadarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kadar fenolik total dan flavonoid total pada fraksi etil asetat ekstrak etanol daun merah kastuba. Daun merah kastuba diekstraksi secara maserasi dengan pelarut etanol 96% dan dilakukan fraksinasi dengan pelarut etil asetat dan air, selanjutnya diskrining fitokimia dengan uji tabung dan dilanjutkan dengan kromatografi lapis tipis (KLT) untuk memastikan hasil uji tabung fenolik dan flavonoid. Penetapan kadar fenolik total dan flavonoid total dilakukan menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Hasil skrining fitokimia dengan uji tabung menunjukkan fraksi etil asetat ekstrak etanol daun merah kastuba positif fenolik, flavonoid, tanin, terpenoid, dan saponin. Skrining fenolik dan flavonoid dengan KLT juga menunjukan hasil positif. Kadar fenolik total dan flavonoid total fraksi etil asetat ekstrak etanol daun merah kastuba yang diperoleh berturut-turut sebesar 480,7 ± 4,9 mg EAG/g fraksi dan 141,9 mg ± 6,1 mg EK/g fraksi. Kadar fenolik dan flavonoid total ini berpotensi sebagai sumber antioksidan yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Euphorbia pulcherrima Willd., fenolik total, flavonoid total, spektrofotometer UV-Vis.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:19
Last Modified: 23 Nov 2023 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43557

Actions (login required)

View Item View Item