KECERNAAN IN VITRO BAHAN KERING (BK) DAN BAHAN ORGANIK (BO) RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum Cv. Mott) YANG DIBERI KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN N ANORGANIK

ASYIFA SUKMAH, RAMDINI (2023) KECERNAAN IN VITRO BAHAN KERING (BK) DAN BAHAN ORGANIK (BO) RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum Cv. Mott) YANG DIBERI KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN N ANORGANIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-ASYIFA SUKMAH RAMDINI-B1D019027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL-ASYIFA SUKMAH RAMDINI-B1D019027.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecernaan in-vitro bahan kering dan bahan organik rumput gajah mini (Pennisetum purpureum Cv. Mott) yang di beri kombinasi pupuk organik (kotoran sapi) dan pupuk N anorganik (urea). Penelitian dilaksanakan di Teaching Farm dan Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram dari bulan April sampai Juni 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperiment menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. Variabel yang diamati pada penelitian ini ialah uji kecernaan invitro yang meliputi kecernaan bahan kering dan bahan organik. Data hasil penelitian ini akan dianalisa dengan Analisis of Varian (ANOVA), apabila terdapat perbedaan yang nyata maka akan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s (UJBD). Hasil penelitian menunjukan bahwa kombinasi pupuk kotoran sapi dan pupuk urea memberikan pengharuh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan in vitro bahan kering (KcBK) dan kecernaan bahan organik (KcBO). Nilai KcBK dan KcBO tertinggi diperoleh pada perlakuan P2 dengan persentase secara berturut turut 71,78% dan 72,19%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rumput gajah mini (Pennisetum purpureum Cv. Mott), pupuk, kecernaan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:27
Last Modified: 24 Nov 2023 08:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43576

Actions (login required)

View Item View Item